Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Beban Montolivo di Timnas Italia

By Caesar Sardi - Kamis, 9 April 2015 | 14:51 WIB
Riccardo Montolivo. (Phil Cole/Getty Images)

21, Gianfranco Zola, menyebut Riccardo Montolivo sebagai salah satu pemain terbaik Negeri Spageti di Serie A. Koran Belanda, Algemeen Dagblad, menulisnya sebagai calon pengganti Francesco Totti.

Pujian tersebut ternyata membuat Montolivo seperti tampil dengan beban berat. Gelandang Fiorentina ini tak main bagus melawan Serbia pada Senin (11/6). Gli Azzurrini kalah 0-1.

Datasport memberi nilai rendah untuk penampilan Montolivo. Ia mendapat nilai 5. Datasport menulis centrocampista berusia 22 tahun ini tak memperlihatkan keistimewaan seorang pemain yang penampilannya sangat dinantikan.

Merupakan hal wajar Italia sangat menantikan aksi Montolivo, meski di Azzurrini juga ada Alberto Aquilani (Roma), Raffaele Palladino (Juventus), dan Giuseppe Rossi (Parma). Ia bintang Italia pada babak kualifikasi.

Montolivo mencetak gol kemenangan 2-1 atas tuan rumah Spanyol di babak play-off. Berkat gol dari pemain yang juga disebut sebagai calon pengganti Andrea Pirlo itu, Azzurrini lolos ke Belanda 2007.

Setelah melawan Serbia, Zola berharap pertandingan di Nijmegen itu membantu para pemain Azzurrini menjadi lebih matang lagi. Nantikan apakah Montolivo dapat melepaskan diri dari beban berat dan menerbangkan Italia.

(Penulis: Riemantono)