Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

VCI: Si Ungu di Dalam Dada

By Fajar Mutaqin Ahmad - Selasa, 3 Februari 2015 | 09:43 WIB
Kekompakan dan keceriaan terlihat di booth Viola Club Indonesia (Arief Bagus/BOLA)

Siapakah pemain Fiorentina yang mencetak gol tendangan salto fantastis ke gawang Barcelona di Liga Champion 1999/00?

Pertanyaan tersebut belum tentu bisa dijawab oleh orang awam. Namun, dengan cepat, seorang anggota Viola Club Indonesia (VCI) dengan lantang menjawab: “Mauro Bressan!”

Cuplikan kejadian tadi hanyalah sepotong dari beberapa keseruan di BOLA Sports Race 2014. Ya, Viola Club Indonesia ambil bagian sebagai salah satu kontestan.

Komunitas yang berdiri pada 2008 itu bak menunjukkan tentang betapa besarnya kecintaan mereka terhadap Fiorentina. Bukti lain adalah VCI selama ini rutin mengadakan kegiatan nonton bareng laga klub asal Firenze itu dan menggelar gathering saban dua tahun sekali.

Gathering teranyar digelar di Yogyakarta, September tahun silam, dengan salah satu agendanya adalah pemilihan ketua baru.

“Anggota resmi VCI saat ini berjumlah 387 orang dan tersebar di 10 wilayah. Kendati belum mengantongi lisensi, kami sudah terdaftar sebagai kelompok suporter resmi Fiorentina di Indonesia,” kata Yosse Agnes, ketua Viola Club Indonesia periode 2014-2018, kepada Harian BOLA.

Lotta e sudore, Viola nel Cuore (berjuang dan berkeringat, Si Ungu di dalam dada).

Tertarik meneriakkan yel-yel tersebut bersama Viola Club Indonesia?

“Pendaftaran anggota baru kami buka via Facebook. Di sana tertera form pendaftaran yang harus diisi. Setiap anggota baru dikenakan biaya 100 ribu rupiah, sudah termasuk kaus, stiker, kartu anggota, dan CD kompilasi yel-yel Fiorentina,” ujar Yosse.

DATA KOMUNITAS
Nama: Viola Club Indonesia
Berdiri: 1 Juni 2008
Ketua Umum: Yosse Agnes
Situs: www.violaclubina.com
Facebook: Fiorentina Indonesia (VCI)
Twitter: @ViolaClubINA