Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Derbi Manchester akan Dipimpin Wasit Kontroversial

By Suryo Wahono - Rabu, 8 April 2015 | 01:00 WIB
Mark Clattenburg, memberi kartu merah Luke Shaw. (Getty Images/Ilustrasi)

Akhir pekan ini ada derbi seru dua tim papan atas Liga Inggris. Premier League telah mengonfirmasi daftar wasit yang akan memimpin perebutan zona Liga Champion antara Manchester United melawan Manchester City, yaitu Mark Clattenburg.

Clattenburg adalah sosok pengadil yang sering membuat keputusan berbau kontroversi selama kariernya. Walau secara masih umum dianggap sebagai salah satu wasit agak lebih baik di Inggris bersama dengan Michael Oliver, dia bukanlah figur yang disukai para pendukung United maupun City.

Salah satu kontroversi Clattenburg yang paling mencuat belakangan ini mungkin tatkala dianggap bertanggung jawab atas hasil imbang West Brom saat bertemu Crystal Palace menjelang pengujung 2014 lalu. Dia bahkan telah dijatuhi sanksi oleh Premier League lantaran melanggar dua protokol.

Pelanggaran pertama, dia dikabarkan sempat berbincang dengan manajer Palace, Neil Warnock, tetapi tidak disertai semua ofisial pertandingan lainnya.

Pelanggaran kedua makin aneh lagi. Clattenburg pernah 'kabur' sesaat setelah peluit akhir pertandingan dia tiupkan, langsung tancap gas pergi ke Newcastle supaya sempat menonton konser Ed Sheeran tepat waktu.

Clattenburg juga sering dituduh lebih memihak Manchester United oleh para fan lawannya, tetapi pendukung United sendiri beranggapan bahwa dia cenderung bias.

Pastinya, derbi Manchester hari Minggu malam ini bakal menyajikan tontonan yang seru. United telah melampaui rival sekota mereka setelah sama-sama menyelesaikan laga pekan ke-31.

United berhasil mengalahkan Aston Villa 3-1, sementara City kalah 1-2 dari Crystal Palace. Performa City belakangan ini sedang menurun, sedangkan United tampil kian kompak dan tampaknya bisa mencapai target finis di zona Liga Champion.