Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Play-off Piala Fed: Italia Kirim AS ke Grup II

By Eko Widodo - Senin, 20 April 2015 | 13:12 WIB
Kegembiraan Flavia Pennetta usai menang dari AS 3-2 di Piala Fed. (Ray Giubilo/Fed Cup)

Serena Williams menunjukkan kesiapannya di lapangan tanah liat. Dalam dua kali pertandingan di play-off Piala Fed melawan Italia di Circolo Tennis Brindisi, Brindisi, ia memetik kemenangan. Namun, itu tidak cukup sebab AS akhirnya menyerah 2-3 pada tuan rumah Italia, Senin (20/4) WIB dini hari.

Serena membuka angka setelah menang 7-6 (5) 6-2 atas Camila Giorgi di laga pertama tunggal. Namun, Italia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Sara Errani menang dari Lauren Davis 6-1 6-2.

Pada hari kedua, giliran Sara Errani dijinakkan Serena dengan 4-6 7-6 (3) 6-3. Italia menggantikan petenis tunggal dengan Flavia Pennetta menghadapi Christina McHale dan menang 6-1 6-1. Di nomor ganda, pasangan Errani/Pennetta unggul 6-0 6-3 atas Alison Riske/Serena Williams 6-0 6-3.

"Meskipun menang di tunggal, saya ternyata belum siap sepenuhnya di lapangan tanah liat. Saya akan pulang dan berlatih kembali di tanah liat. Saya akan siap di lain kesempatan," ucap Serena pada ESPN dan AP.

AS tidak diperkuat Venus Williams yang mundur dari tim karena alasan pribadi. Sementara petenis putri AS lainnya, Madison Keys menolak ajakan bergabung ole kapten tim AS, Mary Joe Fernandez.

Dengan kemenangan ini, Italia kembali ke grup Dunia tahun depan. Sementara itu, AS terdegradasi ke Grup II Dunia. Bagi Serena, inilah untuk pertama kali ia gagal di tenis Fed Cup (13-1). Ia memiliki rekor 13-0 di tunggal dan 3-1 di dobel.

HASIL PERTANDINGAN