Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Kecewa kepada Courtois Atas Gol Stoke

By Verdi Hendrawan - Minggu, 5 April 2015 | 17:46 WIB
Jose Mourinho (Matthew Lewis/Getty Images)

31 untuk memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen Premier League. Manajer Jose Mourinho pun mengaku senang, namun mengaku tidak puas dengan apa yang ditunjukkan oleh kiper Thibaut Courtois.

Dalam pertandingan yang digelar di Stamford Bridge pada Sabtu (4/4) itu, Chelsea berhasil meraih kemenangan berkat gol penalti Eden Hazard di menit ke-39 dan gol dari Lioc Remy (62'). Namun, Stoke sempat bermasih membalas melalui gol indah Charlie Adams dari jarak jauh di menit ke-44.

Gol tersebut lahir akibat kesalahan Courtois dalam menempatkan posisinya setelah rekan-rekannya kehilangan bola di tengah lapangan. Akibatnya, bola yang berhasil dilepaskan oleh mantan pemain Liverpool itu dari jarah 65 meter tidak mampu diamankan oleh kiper Belgia tersebut.

Meskipun memuji gol tersebut, namun Mourinho mengaku kecewa gol seperti itu bisa tercipta ke gawangnya. Manajer asal Portugal itu meminta Courtois untuk bisa lebih membaca situasi dan kualitas lawannya di sepanjang pertandingan.

"Ketika kiper saya bermain di luar kotak, dia harus bisa membaca permainan dan tahu kualitas lawan. Kami telah banyak bekerja untuk hal itu," kata Mourinho kepada Daily Star.

"Charlie Adam memiliki kaki kiri yang kuat dan mampu menembak dari jarak 50 meter. Dia dapat mengantisipasi situasi saat kami kehilangan bola, namun itu adalah gol yang hebat. Itu adalah gol yang fantastis."

"Dari Diego Maradona ke Lionel Messi, semua adalah pemain yang brilian. Mereka semua akan sangat senang untuk bisa mencetak gol seperti itu. Namun, tidak semua dari mereka dapat melakukannya di sepanjang karier mereka."