Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jika Juara, Musim Depan Juve Ada di Pot Undian 1

By Verdi Hendrawan - Rabu, 22 April 2015 | 00:43 WIB
Para pemain Juventus bisa sedikit bernapas lega di fase grup Liga Champion musim depan. (GIUSEPPE CACACE/Getty Images)

Kabar baik datang bagi Juventus di Liga Champion musim 2015/16. Pada musim itu, Bianconeri akan berada di pot undian pertama.

Hal ini dikarenakan berubahnya aturan yang telah diresmikan oleh UEFA sebagai penyelenggara Liga Champion yang akan berlaku pada 2015 hingga 2018. Semua klub juara dari tujuh liga tertinggi di Eropa akan masuk ke pot pertama pada undian fase grup.

Satu tempat lagi di pot satu akan diberikan kepada tim yang berhasil menjadi juara di musim sebelumnya. Sedangkan klub yang di musim sebelumnya berhasil menjuarai Liga Europa akan tetap mengikuti babak play-off jika gagal menjadi juara di liganya.

Selain itu, jika ada klub yang berasal dari tujuh liga tersebut berhasil menjadi juara liga dan Liga Champion, maka jatahnya akan diberikan kepada klub yang berhasil menjadi juara dari liga terbesar ke-8 menurut UEFA.

Hal ini merupakan kabar baik bagi Juventus yang selama ini selalu bertemu dengan klub besar Eropa lainnya di fase grup karena secara nilai koefisien klub milik UEFA, Bianconeri tergabung di dalam pot kedua.

Namun, bagi liga-liga seperti Premier League, La Liga, dan Bundesliga yang memiliki jatah empat klub untuk mengikuti Liga Champion dari peringkat klasemen, aturan ini juga memungkinkan mereka memiliki lima wakil di Liga Champion, jika sang juara bertahan datang dari liga mereka dan gagal finis di empat besar kompetisi domestik di akhir musim.