Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mengejutkan! Sebastian Vettel Nyaris Tinggalkan F1

By Tulus Muliawan - Jumat, 30 Januari 2015 | 00:30 WIB
Sebastian Vettel, hijrah dari Red Bull ke Ferrari. (Mark Thompson/Getty Images)

Dominasi Sebastian vettel di ajang balap Formula 1 berakhir pada 2014. Setelah memenangi empat gelar beruntun, Vettel akhirnya harus merelakan tahta yang diduduki selama ini ke Lewis Hamilton, juara dunia baru dari Mercedes.

Sepanjang musim 2014, Vettel memang tak mampu menunjukkan penampilan sehebat musim-musim sebelumnya. Sejumlah perubahan peraturan yang diterapkan FIA membuat pebalap Jerman itu seperti harus beradaptasi ulang.

Kondisi inilah yang membuat Vettel kesulitan bersinar. Bahkan, bos Red Bull Christian Horner menyebut bahwa Vettel sampai frustrasi dan berencana meninggalkan dunia F1 karena hasil buruk yang didapatnya.

"Vettel tidak menikmati perbuahan aturan yang dibuat FIA. Dia tidak menikmati mesin baru, sistem baru, power unit, dan lain sebagainya. Dia juga tertekan karena hasil bagus yang diapat Daniel Ricciardo (rekan setimnya)," kata Horner.

"Kondisi ini juga membuat Vettel berniat untuk mundur dari dunia F1. Dia terlihat sangat kecewa karena penampilannya jauh berbeda dengan apa yang ia tunjukkan selama empat tahun sebelumnya," ucap Horner.

Di akhir musim 2014, Vettel finis di posisi lima klasemen pebalap dengan 167 poin. Prestasi terbaik pebalap berusia 27 tahun ini adalah finis di posisi kedua di GP Singapura.