Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Putin: Piala Dunia 2018 Tidak Akan Mengecewakan

By Tulus Muliawan - Selasa, 21 April 2015 | 16:30 WIB
Vladimir Putin, siap menggelar Piala Dunia 2018. (Sasha Mordovets/Getty Images)

Bos FIFA, Sepp Blatter, memuji persiapan Rusia dalam menyambut Piala Dunia 2018. Sementara itu, presiden Vladimir Putin berjanji negaranya tidak akan mengecewakan penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Masalah ekonomi Rusia dan sanksi atas Ukraina sempat mengganggu persiapan. Namun, kantor berita Tass melaporkan, Blatter meyakini masalah ayng dialami Rusia saat ini bisa segera diatasi.

Pada kesempatan yang sama, Blatter juga mengucapkan selamat kepada Putin atas kemajuan pembangunan 12 tempat di 11 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Blatter telah berulang kali berbicara menentang boikot Piala Dunia karena keterlibatan Rusia di Ukraina. Bukan hanya itu, Blatter juga mengutuk gerakan yang menentang tersebut.

"Beberapa orang ingin Piala Dunia dicabut dari tangan Rusia, tapi kita memberikan satu jawaban untuk hal ini: Kita terlibat dalam sepak bola dan kami tidak akan membiarkan politik menghalanginya," ujar Presiden FIFA, yang kini telah menginjak usia 79 tahun itu.

Putin mengatakan bahwa Piala Dunia sama pentingnya dengan menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin 2014. Bagi Putin, tugas ini sama-sama penting.

"Saya tidak tahu bagaimana tim kami akan tampil di Piala Dunia, itu adalah tanggung jawab spesialis sepak bola. Tapi kami berkewajiban mempersiapkan arena turnamen," ujar Putin.