Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Krisris Internal Ganggu Macan Kemayoran

By Aning Jati - Kamis, 2 April 2015 | 18:40 WIB
Ismed Sofyan, ingin manajer Persija tuntaskan masalah internal. (Herka Yanis)

kasus internal membuat para pemain merasa tak nyaman. Apalagi kondisi itu justru terjadi pada awal musim.

”Seperti tim lain, kami pun bisa kehilangan gairah jika kondisi nonteknis mengganggu,” kata Ismed Sofyan, bek kanan senior Persija.

Hal ini masih ditambah harus bertandang untuk bertemu tim kuat seperti Singo Edan. Di mata Ismed, Cristian Gonzales dkk. sangat solid. Apalagi jika bermain di kandangnya dengan dukungan suporter Aremania. “Arema selalu membuat kami kesulitan. Materi mereka sangat komplet, hampir setiap posisi memiliki pemain inti dan pelapis yang tidak jauh berbeda kualitasnya,” tutur Ismed.

Duel di sektor sayap pun menjadi perhatian Ismed. Ia menilai faktor Hasim Kipuw yang sangat mobil di posisi sayap kanan harus mereka perhatikan. “Hasim memiliki kualitas teknis yang  bagus. Permainannya pun sudah matang. Ia juga tidak mudah terpancing emosi dan bermain dengan dingin dan cerdik,” kata Ismed tentang rivalnya Sabtu nanti.

Sementara Suharno, justru melihat faktor Ismed juga menjadi kunci permainan Persija. “Ismed pemain yang sangat berpengalaman. Umpan silangnya sangat berbahaya. Sebagai pemain senior ia bisa membangkitkan rekan-rekannya yang lain,” kata Suharno.

Karakter itu di Arema kini terdapat pada Cristian Gonzales.  El Loco bisa menjadi panutan sekaligus membuat mental para pemain Arema bangkit jika diperlukan.