Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pendukung Blackpool Urunan Buat Fan Pensiunan ini

By Suryo Wahono - Senin, 20 April 2015 | 22:48 WIB
Kampanye mencari dana urunan untuk fan pensiunan. (GoFundMe)

Pendukung klub sepak bola ini telah mendapat dana urunan sebesar 20 ribu poundsterling untuk membantu seorang pensiunan yang digugat oleh Blackpool FC. Frank Knight, nama tersangka, dituduh telah menyebar komentar berbau fitnah di Facebook.

Lelaki berumur 67 itu mengkritisi Owen Oyston dan Karl Oyston, pemilik dan ketua klub di jejaring sosial . Knight sebenarnya telah membuat permintaan maaf publik di akun pribadinya, tapi dia tetap dikenai tuntutan ganti rugi sebesar 20 ribu pound, setelah masalah ini diselesaikan di luar pengadilan.

Namun, seorang fan Blackpool yang bersimpati berinisiatif membuet penggalangan dana di internet.

"Frank Knight... telah digugat 20 ribu pound oleh ketua klub Karl Oyston untuk komentar yang dibuat secara daring, yang mempertanyakan cara pengelolaan klub," katanya di situs GoFundMe.

"Frank telah mendukung Blackpool lebih dari 40 tahun dan telah meminta maaf atas kata-kata kasarnya, disaksikan oleh 34 teman-teman di Facebook, dan telah menarik penuh pernyataannya."

"Meskipun demikian, keluarga Oyston, yang kekayaaannya senilai lebih dari 100 juta pound, akan menagih 20 ribu dari Mr. Knight. Jumlah yang besar bagi siapa saja, terutama buat pria berusia 67 tahun, pensiunan OAP."

Kampanye tersebut dimulai Kamis pekan lalu dan menurut laporan The Independent, inisatif itu telah menarik lebih dari 1.000 penyumbang dan telah melewati target 20 ribu.