Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Syarif: Libatkan BUMN dalam Kompetisi Amatir

By Aning Jati - Jumat, 10 April 2015 | 12:21 WIB
Syarif Bastaman, ingin libatkan BUMN di kompetisi amatir. (Dwi Ari Setyadi/BOLA)

Kompetisi amatir di Indonesia selama ini menjadi sebuah tantangan besar bagi PSSI. Kompetisi ini jarang dilirik oleh sponsor karena sistem pengelolaannya yang masih jauh dari harapan. Namun Syarif Bastaman memiliki sejumlah rancangan untuk memperbaikinya.

Salah satu kandidat Ketua Umum PSSI 2015-2019 dalam Kongres Pemilihan PSSI 19 April nanti di Surabaya, berharap bisa menggandeng sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk terlibat dalam mensponsori kompetisi ini.

“Untuk kompetisi amatir, saya ingin bekerja sama dengan pemerintah agar BUMN bisa menjadi sponsor kompetisi Liga Nusantara nanti. Lewat cara itu kompetisi ini bisa hidup dan berkembang lagi. Begitu pula dengan kompetisi kelompok umur lainnya,” ucapnya.

Mengingat kompetisi amatir ini dikelola oleh Asosiasi Provinsi PSSI dan klub-klub lokal lainnya, ia berharap ide-ide ini mampu menarik perhatian dari para pemilik suara dalam kongres nanti. Untuk itu ia ingin membuat konsolidasi dengan para pemilik suara terbanyak tersebut agar ide-idenya mulus berjalan.

“Saya sudah melakukan konsolidasi dengan sekitar 70 atau 80 voters di PSSI. Saat saya sampaikan visi dan misi saya, mereka sangat tertarik. Saya harap hal itu diwujudkan juga dalam kongres nanti,” kata Syarif Bastaman.