Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Syarif: Pemerintah dan PSSI Harus Berbagi Peran

By Aning Jati - Jumat, 10 April 2015 | 12:14 WIB
Syarif Bastaman, ingin PSSI dan Pemerintah berbagi peran. (Dwi Ari Setyadi/BOLA)

Syarif Bastaman mengakui jika peran pemerintah dalam sepak bola Indonesia tidak bisa dihilangkan. Sebaliknya, peran pemerintah dalam hal ini Menpora, justru sangat diperlukan. Syarif Bastaman berjanji akan menghilangkan ganjalan itu jika terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Pemilihan PSSI, 19 April, di Surabaya.

“Saat ini memang peran pemerintah sangat diperlukan. Misalnya dalam menyediakan lapangan yang memenuhi syarat. Persyaratan itu ada di PSSI. Di hal ini harus ada sinergi seperti yang saya maksudkan tadi. Di Indonesia ada 10 PPLP yang berada di bawah Kemdiknas, hal itu harus dimaksimalkan,” tutur Syarif

Salah program kerja sama antara PSSI dengan  pemerintah adalah penyediaan pelatih berkualitas di setiap PPLP di seluruh Indonesia. “Harus ada kerja sama pembinaan antara PSSI dan pemerintah. PSSI menyediakan pelatihnya, sementara pemerintah menyediakan fasilitasnya,” kata Syarif Bastaman.

Selama ini menurut Syarif, peran antara PSSI dan Menpora sering tidak pernah bertemu. Sepertinya kedua lembaga tersebut berjalan sendiri-sendiri dan tidak saling mendukung dalam pembinaan, terutama pembinaan usia muda. ”Ini harus dihilangkan,” ucap Syarif Bastaman.