Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Juan Sebastian Veron Menuju Venezuela

By Caesar Sardi - Kamis, 9 April 2015 | 17:30 WIB
Juan Sebastian Veron. (Stuart Franklin/Getty Images)

Hilangnya nama Juan Sebastian Veron dari atmosfer liga Eropa ketika pemain kelahiran La Plata ini meninggalkan Internazionale tahun lalu bagai sebuah tragedi dalam drama klasik ala Yunani.

Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut kala itu sebenarnya tengah menakik sebuah pijakan untuk kembali ke timnas Argentina.

Bermain di Serie A bersama I Nerazzurri sejak 2004/05 diharapkan bisa membuat pelatih Albiceleste melihat karakter Latinonya masih bisa diandalkan setelah sempat memudar kala dipaksa bermain serbacepat di Premiership bersama Manchester United dan Chelsea di kurun 2001-2004.

Apa lacur, ternyata Jose Pekerman tidak melihat Veron lebih bernas ketimbang generasi baru Tango dan pintu timnas tertutup untuknya sejak 2004. Nasib pemain pengagum Che Guevara yang dipanggil “Seba” oleh nyamuk pers Inggris tersebut berubah awal tahun ini.

Akhir Februari lalu, pengganti Pekerman, Alfio Basile, memanggil Seba kembali ke Albicelestes. Basile secara terbuka sesudah Germany 2006 memang mengatakan akan memberi prioritas utama pada para pemain Liga Argentina untuk mengisi timnas tanpa mengabaikan legiun asing asal Eropa yang berprestasi mencolok.

Uniknya, bukan ini alasan Seba memperkuat Estudiantes di 2006. “Sebelum benar-benar pensiun, aku ingin sekadar mengejar kesenangan saat bermain. Itu dulu kurasakan saat memulai karier di Estudiantes,” katanya pada koran olahraga lokal, Ole.

Well, keberhasilan membawa klub kota kelahirannya itu menjuarai putaran Apertura 2006 memang membuktikan kualitas Veron belum menurun. Akhir pekan lalu Basile mencantumkan namanya dalam skuad bayangan Argentina yang tengah berlatih menuju Copa America.

Sang pelatih menyebut hanya faktor cedera saja yang bakal bisa menggusur Veron dari 22 nama yang dibawa ke Venezuela. Mediamedia di Argentina sendiri meramalkan pemain yang bakal tercoret pada tanggal 21 Juni nanti adalah salah satu dari legiun asing berikut ini: Carlos Tevez (West Ham), Javier Mascherano (Liverpool), Hernan Crespo (Internazionale), atau Gabriel Heinze (Man. United).

(Penulis: Darojatun)