Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Ini Suka Kemenangan 1-0

By Senin, 30 Maret 2015 | 19:13 WIB
Spanyol, kemenangan 1-0 atas Ukraina bisa menjadi bekal positif menuju kebangkitan. (Denis Doyle/Getty Images)

0.

Skor itu menunjukkan bahwa Spanyol tampil sebagai tim yang dominan dan jarang menerima ancaman lawan. La Furia Roja menatap Euro 2008 dengan bekal kemenangan 1-0 atas Italia dan Amerika Serikat di laga uji coba.

Kala itu, skuat arahan Luis Aragones sempat mendapatkan siulan dari pendukung mereka sendiri lantaran menang tak meyakinkan atas AS. Namun, siapa sangka beberapa bulan berselang Spanyol muncul sebagai juara Euro 2008 dengan mengalahkan Jerman di laga puncak.

Tebak berapa skornya? Ya. 1-0. Cerita indah keberhasilan Sanyol merengkuh trofi Piala Dunia 2010 juga dihiasi dengan rangkaian skor tipis. Portugal, Paraguay, Jerman, dan Belanda satu per satu dilibas Spanyol di fase gugur dengan skor 1-0.

Karena itu, kemenangan 1-0 yang dipetik Spanyol atas Ukraina di Kualifikasi Piala Eropa 2015, Jumat (27/3) silam, bisa menjadi fondasi apik dalam upaya mereka menyongsong kebangkitan pascakegagalan di Piala Dunia 2014.

Berkat kemenangan itu, La Furia Roja, kini tak lagi berbagi posisi kedua grup C dengan Ukraina. Mereka juga mempertahankan jarak dengan Slovakia di puncak grup tetap tiga poin.