Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valencia Bisa Tentukan Nasib Real Madrid-Barcelona

By Suryo Wahono - Rabu, 8 April 2015 | 21:34 WIB
Nuno Espirito Santo dan Skuat Valencia (Getty Images)

Valencia salah satu klub yang punya kans untuk mengubah persaingan duo pemuncak klasemen sementara La Liga. Los Che ialah satu dari enam tim yang masih harus bersua Real Madrid dan Barcelona di sisa musim.

La Liga tersisa 9 pekan lagi. Masih ada 27 poin yang bisa diperjuangkan untuk mencapai target masing-masing, termasuk Valencia. Los Che bakal mengunjungi Barcelona pada pekan ke-32 dan Real Madrid di Bernabeu pada pekan ke-36. 

Hasil dua laga ini bisa menentu-kan hasil akhir kompetisi. Namun, Valencia tak perlu memikirkan soal persaingan juara lantaran mereka juga punya misi sendiri yang harus dicapai di laga tersisa: mengejar peringkat dua milik Atletico.

Valencia mengumpulkan 61 poin musim ini. Hampir separuhnya (30 angka) diraih di 2015 saja.

Dari perspektif yang lebih luas, anak asuhan Espirito Santo juga dalam trek yang benar menjadi tim Valencia terbaik abad ini, bahkan melewati perolehan poin tim peraih gelar La Liga di era Rafael Benitez (2001/02 dan 2003/4). 

Pada periode tersebut, Valencia mengakhiri musim dengan torehan 75 dan 77 poin. Bermodal rataan poin saat ini, Los Che berpotensi menutup musim dengan raihan 81 angka. Jumlah itu cukup untuk menjadikan mereka juara di lima dari 15 musim terakhir liga.