Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cetak Gol di Debut, Eder Bahagia & Bungkam Mancini

By Verdi Hendrawan - Minggu, 29 Maret 2015 | 11:58 WIB
Eder Citadin Martins (Claudio Villa/Getty Images)

Penyerang baru timnas Italia kelahiran Brasil, Eder Citadin Martins, mengaku sangat bahagia berhasil mencetak gol di laga debutnya bersama Gli Azzurri. Gol tersebut pun memiliki arti yang sangat besar, meski gagal menghadirkan kemenangan.

Eder berhasil mencetak gol penyeimbang Italia atas Bulgaria di laga kualifikasi Piala Eropa 2016 pada menit ke-84. Gol tersebut membuat Azzurri berhasil meraih satu poin di Stadion Vasil Levski, tempat yang telah menjadi tradisi selalu sulit bagi Italia meraih kemenangan.

"Saya sangat senang telah mampu membantu tim untuk bermain di tempat yang selalu sulit bagi Italia," kata Eder dikutip dari Football Italia.

"Pelatih telah menunjukkan kepercayaannya kepada saya dan saya sangat senang telah mencetak gol pada laga debut saya dengan mengenakan seragam penting seperti Italia."

Gol ini pun membuat Eder berhasil membungkam para pengkritik, termasuk perkataan pedas pelatih Internazionale, Roberto Mancini mengenai oriundo (orang asing keturunan Italia). Ia mengatakan bahwa oriundo adalah 'mereka yang lahir di luar negeri dengan warisan Italia dan tidak harus bermain untuk Azzurri'.

"Sangat memalukan tentang apa yang telah ia katakan, tapi saya menghormati pendapat Mancini dan banyak orang lain mengenai oriundo di dalam Nazionale," lanjut Eder.

"Saya pikir panggilan ke timnas dapat terjadi dan akan sangat sulit untuk bisa tetap bertahan di skuat ini. Saya harus berterima kasih kepada para pemain karena mereka telah memberi saya sambutan hangat dan membuat saya merasa penting sejak hari pertama saya di Coverciano. Saya berharap bisa memainkan pertadingan untuk Italia lebih banyak lagi."