Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol Indah Cahill Bawa Australia Tekuk Tiongkok

By Peksi Cahyo Priambodo - Kamis, 22 Januari 2015 | 19:32 WIB
Selebrasi gol Tim Cahill ke gawang Tiongkok. (Bradley Kanaris/Getty Images)

Di pertandingan perempat final Piala Asia 2015, tim tuan rumah Australia harus menghadapi juara Grup B, Tiongkok. Namun, dua gol Tim Cahill berhasil membawa Socceroos lolos ke semifinal.

Menghadapi Tiongkok yang tidak terkalahkan di Grup B, Australia berhasil menguasai pertandingan lebih banyak. 68 persen penguasaan bola berhasil dimiliki Mile Jedinak cs. yang mampu menghasilkan sembilan tendangan ke arah gawang Tiongkok.

Setelah kedulitan di babak pertama, Australia pun akhirnya berhasil membuka keunggulan mereka melalui gol pertama Cahill di menit ke-49. Mantan pemain Everton itu mampu melesahkan gol dangan indah melalui tendangan saltonya dari sisi gawang Tiongkok.

Pada menit ke-65, Cahill kembali menjadi pahlawan bagi Australia setelah mampu menempatkan bola yang tidak mampu dijangkau oleh kiper Wang Dalei, yang tampil sangat baik di sepanjang pertandingan, melalui tandukkannya.

Keunggulan 2-0 ini berhasil bertahan hingga akhir pertandingan dan meloloskan Australia ke semifinal. Socceroos akan menghadapi pemenang antara Jepang menghadapi Uni Emirat Arab yang akan berlangsung pada Jumat (23/1).