Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indo Toon Army: Komunitas Klub Tertua di Tanah Air

By Fajar Mutaqin Ahmad - Rabu, 21 Januari 2015 | 16:02 WIB
Bermain futsal merupakan salah satu kegiatan yang rutin digelar Indo Toon Army setiap bulan. (Indo Toon Army)

an. Hanya segelintir yang sudah eksis sebelum pergantian milenium. Indo Toon Army merupakan salah satunya.

Komunitas pendukung Newcastle United itu bahkan dapat disebut sebagai yang tertua di Tanah Air karena terbentuk pada 1997. Awalnya, salah satu pendiri Indo Toon Army bernama Eddy Suryadi berniat mengumpulkan fan Newcastle yang ada di Indonesia.

Berbekal situs pribadi, https://www.geocities.com/~shearyadi/, yang dilengkapi dengan fasilitas forum diskusi, Eddy mulai menemukan anggota baru.

Namun, keterbatasan teknologi informasi saat itu menghambat perkembangan komunitas.

Selanjutnya, kesibukan para anggota, yang masih bisa dihitung dengan jari, serta menurunnya prestasi Newcastle secara perlahan membuat pengunjung situs tersebut menurun dan mati suri. Indo Toon Army pun sempat vakum hingga 2005.

Seiring dengan teknologi informasi yang semakin canggih, Indo Toon Army mulai terbangun dari tidurnya. Para anggota lama kemudian menggelar pertemuan rutin dan acara nonton bareng di Jakarta.

Keberadaan jejaring sosial Facebook semakin memudahkan komunikasi sehingga Indo Toon Army bisa menarik anggota lebih banyak melalui dunia maya. Pada 2010, komunitas ini menggelar gathering nasional pertama di Bogor.

“Di situlah Indo Toon Army mulai merapikan struktur organisasi agar dapat semakin mudah menggelar kegiatan. Kami melakukan gathering nasional setiap dua tahun. Kali ini akan digelar pada 18-19 April 2015 di Bandung,” kata Wakil Ketua Umum Indo Toon Army, Christopher Tiono.

Sekarang, Indo Toon Army telah memiliki delapan komunitas regional yang terletak di Jakarta, Bogor, Tangerang, Batam, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Bandung.

DATA KOMUNITAS
Nama: Indo Toon Army
Terbentuk: 1997
Ketua Umum: Aryo Bimo
Facebook: Indo Toon Army
Twitter: @IndoToonArmy