Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persipura Tak Punya Pelatih Kiper di LSI 2015

By Aning Jati - Rabu, 21 Januari 2015 | 09:01 WIB
Osvaldo Lessa tangani Dede Sulaiman dkk. tanpa kehadiran pelatih kiper. (Iwan Setiawan)

Ada yang berbeda dalam komposisi tim pelatih Persipura saat terjun di ajang Piala Surya Citra Media 2015. Saat ini Persipura tak memiliki pelatih kiper.

Osvaldo Lessa, sebagai pelatih kepala hanya ditemani pelatih fisik, Lidyo Nijo (Brasil), dan dua asisten yakni Mettu Dwaramuri serta Cris Yarangga.

Padahal, musim sebelumnya ada Fabio Tepedinho yang jadi pelatih kiper. Meski begitu, selama satu musim ke depan, Persipura belum punya rencana merekrut pelatih kiper karena Lessa yang turun tangan melatih Dede Sulaiman, Ferdiansyah, dan Selsius Gebze.

"Sementara ini saya urusi kiper juga," kata Lessa.

Dalam sesi latihan, pelatih asal Brasil itu memberikan porsi latihan kepada kiper lebih dulu sementara pemanasan tim dipimpin bergantian oleh pelatih fisik dan asisten pelatih. Setelah itu, Lessa menggabungkan latihan antara kiper dengan pemain dalam sesi latihan gim.

Dari informasi yang diterima BOLANEWS, musim 2015 Persipura sempat mendekati pelatih kiper Arema, Alan Haviluddin. Pria asal Buton itu pernah jadi bagian pelatih Mutiara Hitam musim 2010-2012. Namun, Alan tidak bisa menerima pinangan Persipura karena kontraknya sudah diperpanjang Arema.

Terpisah, kiper Persipura sebenarnya berharap ada pelatih kiper lantaran program latihan untuk kiper berbeda dengan pemain lain.

"Melatih kiper itu bukan asal jatuh bangun menangkap bola. Tapi, ada rangkaiannya. Kalau asal saja, badan justru jadi sakit semua," kata salah satu kiper Persipura.