Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valentino Rossi Menangi GP Qatar

By Tulus Muliawan - Senin, 30 Maret 2015 | 01:45 WIB
Valentino Rossi, kampiun GP Qatar 2015. (Mirco Lazzarri gp/Getty Images)

Valentino Rossi berhasil menjawab keraguan publik dengan memenangi seri pembuka MotoGP 2015 di Sirkuit Losail, Qatar. Rossi berhasil menyentuh garis finis tercepat di depan duo pebalap Ducati, Minggu (29/3).

Pebalap Italia berusia 36 tahun itu sukses memetik kemenangan penting setelah absen meraih gelar dalam waktu lima bulan. Sebelumnya, gelar terakhir Rossi diraih pada GP Australia 2014.

Sebelum memenangi balapan utama di Losail, Rossi sempat kesulitan dalam meraih catatan waktu terbaik di sesi latihan bebas dan kualifikasi. Namun, tim Garpu Tala membayar lunas catatan buruk dengan menguasai podium tertinggi.

Sejak balapan dimulai, pertarungan ketat langsung tersaji. Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi bersaing ketat di posisi terdepan. Namun, Marquez kehilangan posisi terbaik setelah terlempar keluar lintasan di lap keenam.

Sejak saat itu, posisi terdepan dikuasi oleh Yamaha dan Ducati. Jorge Lorenzo sempat memimpin hingga delapan lap sebelum berakhir. Namun, ia lengah dan harus merelakan posisinya direbut Andrea Dovizioso.

Peringkat Lorenzo terus menurun tiga lap menjelang balapan berakhir. Posisi Lorenzo merosot ke tempat keempat setelah disalip oleh Andrea Iannone. Posisi terdepan diperebutkan oleh Dovizioso dan Rossi.

Setelah beberapa kali mampu mengambil alih posisi terdepan dar Dovizioso, Rossi akhirnya memastikan tempat terdepan di lap terakhir. Balapan berakhir dan podium GP Qatar dikuasai oleh tiga pebalap Italia.

"Kemenangan hari ini terasa luar biasa buat saya. Motor saya bekerja dengan baik, begitu juga dengan seluruh anggota tim Saya sangat berterima kasih kepada mereka. Ini hari yang spesial!" kata Rossi seusai balapan.

Hasil Akhir:

Pos Pebalap           Tim
1.  Valentino Rossi   Movistar Yamaha 
2.  Andrea Dovizioso  Ducati 
3.  Andrea Iannone    Ducati
4.  Jorge Lorenzo     Movistar Yamaha
5.  Marc Marquez      Repsol Honda 
6.  Dani Pedrosa      Repsol Honda 
7.  Cal Crutchlow     CWM LCR Honda 
8.  Bradley Smith     Monster Yamaha Tech 3
9.  Pol Espargaro     Monster Yamaha Tech 3 
10. Yonny Hernandez   Pramac Racing
11. Aleix Espargaro   Team Suzuki Ecstar
12. Danilo Petrucci   Pramac Racing
13. Scott Redding     Estrella Galicia 0,0 Marc VDS
14. Maverick Viñales  Team Suzuki Ecstar
15. Hector Barbera    Avintia Racing
16. Stefan Bradl      Athina Forward Racing
17. Nicky Hayden      Aspar
18. Eugene Laverty    Aspar
19. Mike Di Meglio    Avintia Racing
20. Alex De Angelis   Octo IodaRacing
21. Marco Melandri    Factory Aprilia Gresini
22. Loris Baz	      Athina Forward Racing