Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juan Mata Permalukan Liverpool di Anfield

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 22 Maret 2015 | 22:41 WIB
Juan Mata (Getty Images)

1 melawan Liverpool di Anfield berkat dua gol yang dicetak Juan Mata. Sementara itu, satu gol balasan The Reds lahir dari kaki Daniel Sturridge.

Pertandingan dua klub paling sukses di Premier League antara Liverpool kontra Manchester United tersaji di Anfield, Minggu (22/3) malam WIB. Di pertandingan ini manajer Brendan Rodgers kembali mencadangkan Steven Gerrard, sedangkan Louis van Gaal mempertahankan komposisi pemain saat memetik kemenangan 3-0 atas Tottenham Hotspur pekan lalu dan mencadangkan pemain sekelas Angel Di Maria.

Sejak menit pertama bergulir kedua kesebelasan langsung memperlihatkan agresivitas dalam menyerang. Akan tetapi, Man. United justru tampil sedikit lebih dominan dalam 10 menit pertama.

Dominasi tersebut membuahkan hasil signifikan pada menit ke-14. Setelah beberapa kali penggawa Setan Merah melakukan percobaan menyerang dengan bola-bola teroban gagal, akhir usaha dari Ander Herrera berhasil.

Bola terobosan Herrera kepada Juan Mata lepas dari perangkap offside. Mata yang cukup bebas menguasai bola di dalam kotak penalti Liverpool mampu memaksimalkan peluang emas itu menjadi gol. Man. United pun unggul 1-0 di laga yang juga disaksikan legenda sepak bola Pele ini.

Liverpool mencoba bangkit. Usai beberapa kali melakukan percobaan serangan, The Reds akhirnya mendapatkan peluang bagus pada menit ke-34. Berawal dari umpan silang, Daniel Sturridge memberikan operan pendek di dalam kotak penalti Man. United kepada Adam Lallana. Tanpa basa-basi Lallana pun melepaskan tembakan keras mendatar, namun upayanya itu masih sedikit melebar. Tim besutan Louis van Gaal pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Di babak kedua Brendan Rodgers menarik Lallana dan memasukkan sang kapten, Steven Gerrard. Naas belum satu menit berada di lapangan Gerrard langsung diusir wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Herrara. Liverpool pun mengalami kerugian bermain dengan 10 pemain.

Setan Merah dengan cepat memanfaatkan keuntungan jumlah pemain. Pada menit ke-59 Man. United menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Juan Mata mencetak gol cantik dengan melepaskan tendangan akrobatik usai menerima umpan akurat dari Angel Di Maria.

Liverpool menolak menyerah dan memperlihatkan upaya ekstra untuk bisa mencetak gol balasan. Pada menit ke-69 Philippe Coutinho berhasil memanfaatkan kesalahan Michael Carrick.

Dengan cepat langsung melakukan penetrasi dan melepaskan umpan kepada Sturridge. Ketajaman Sturridge tidak membuatnya mengalami masalah meski harus melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun tendangannya gagal diantisipasi David De Gea.

Sesaat sebelum pertandingan berakhir setelah melewati 90 menit waktu normal, Man. United mendapatkan peluang bagus menambah keunggulan menjadi 3-1. Ya, pelanggaran Emre Can terhadap Daley Blind di dalam kotak terlarang membuat Setan Merah mendapat hadiah tendangan penalti. Namun, Wayne Rooney yang maju sebagai algojo gagal memaksimalkannya. Man. United pun tetap mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 23-Emre Can, 37-Martin Skrtel, 17-Mamadou Sakho; 24-Joe Allen, 14-Jordan Henderson, 18-Moreno (Balotelli 65), 20-Lallana (Gerrard 46); 31-Steling, 10-Coutinho, 15-Daniel Sturridge.

Manchester United: 1-David de Gea; 25-Antonio Valencia, 4-Phil Jones, 12-Chris Smalling, 17-Daley Blind; 16-Michael Carrick, 8-Juan Mata, 21-Ander Herrera (Falcao 82), 31-Marouane Fellaini, 18-Ashley Young (Angel Di Maria 55); 10-Wayne Rooney.