Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Bowen Tak Gentar Jaga LeBron

By Caesar Sardi - Kamis, 2 April 2015 | 13:09 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

Bruce Bowen tak menganggap tugasnya menjaga LeBron James di final NBA menjadi amat istimewa. “Assignment no. 1? Itu hanya opini Anda. Banyak pencetak angka lain di liga ini,” tegas Bowen, small forward San Antonio Spurs.

Bowen berposisi sama dengan LeBron, andalan Cleveland Cavaliers. LeBron mencetak 48 angka di gim kelima final Wilayah Timur melawan Detroit Pistons.

“Itu memang impresif, tapi tak akan mempengaruhi pikiranku. Soalnya aku tak berada di sana, hanya menonton pertandingan sebagai penggemar,” kata Bowen. Setiap orang berhak beropini dan Bowen tak ingin opini tersebut mempengaruhinya saat bertanding.

Ia pun tak ingin bergantung pada rekan-rekannya ketika menjaga James. “Aku bukan tipe pemain yang berpikir, ‘Hei, ada Tim Duncan di belakangku’,” tegasnya. Ia siap memikul beban tanggung jawab menjaga LeBron.

Keyakinan Bowen tampaknya tak senada dengan pelatih Spurs, Gregg Popovich. “Tantangan Bruce amat besar, tapi ia tak bisa menghentikan LeBron sendirian. Ini adalah tanggung jawab bersama sebagai tim,” kata Pop. LeBron adalah unstoppable player. “Memang berawal pada siapa yang menjaga dia, tapi tim kami harus melakukan tugas sempurna melawan dia,” tuturnya.

LeBron Menunggu Putra

LeBron antusias menghadapi final, sejarah bagi dirinya dan Cleveland Cavaliers. Ia amat fokus, meski diprediksi putra keduanya bakal dilahirkan 17 Juni saat gim kelima melawan Spur di Cleveland. LeBron sudah memiliki seorang putra, LeBron James Jr., dari  kekasihnya, Savannah Brinson.

Jika Brinson masuk rumah sakit ketika LeBron bertanding di Texas, sang bintang tak akan pulang menunggui. “Memiliki anak adalah hal luar biasa, tapi keluarga saya mengerti betapa pentingnya final ini bagiku dan betapa pentingnya aku bagi tim,” kata LeBron.

Mendapat anugerah putra adalah hal luar biasa bagi James. “Tanggung jawab akan makin besar, Anda tidak akan bermain untuk diri sendiri, ada nama keluarga dibawa serta,” katanya. James sendiri besar dalam asuhan ibunya selaku single parent.

Dia dengan bangga bahkan membawa putranya ke lapangan saat pesta kemenangan di Quicken Loans Arena seusai merebut mahkota juara Wilayah Timur.

(Penulis: Roosyudhi Priyanto)