Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Romario Cetak Gol ke-1.000

By Caesar Sardi - Rabu, 18 Maret 2015 | 18:21 WIB
Romario. (Getty Images)

cita Romario mencetak gol ke-1.000 akhirnya tercapai. Minggu (20/5), striker veteran Brasil yang kini membela Vasco da Gama tersebut mencetak gol penalti di menit ke-41 ke gawang tim tamu Recife Sport di liga domestik. Vasco pun menang 3-1.

Pertandingan sempat terhenti begitu gol tercipta. Istri dan anak Romario beserta wartawan dan sejumlah penonton menyerbu masuk ke lapangan untuk mengucapkan selamat. “Ini pencapaian historis, tak hanya buat diriku, tapi juga kedua orangtuaku, keluargaku, sahabat, serta seluruh Brasil. Tuhan ingin gol itu tercipta hari ini,” ucap Romario, yang sudah 23 tahun berkarier sebagai pesepakbola.

Menurut pemain berusia 41 tahun itu, ia mencatatkan gol ke-1.000 setelah bermain dalam 1254 partai di PSV Eindhoven, Barcelona, Flamengo, dan Vasco da Gama. Ia mengoleksi 56 gol bagi Tim Samba.

Tapi, data statistik versi Romario, yang juga menghitung gol di pertandingan nonresmi (termasuk di laga amatir, junior, testimonial, bahkan saat latihan), tak diratifikasi FIFA. Hanya ada tiga nama yang secara resmi diakui FIFA sebagai pengoleksi 1.000 gol atau lebih. Salah satunya adalah Pele, legenda hidup Selecao.

(Penulis: Barry Manembu)