Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pertemuan Perdana Bertabur Debutan

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 28 Maret 2015 | 22:53 WIB
Mehmed Bazdarevic (ELVIS BARUKCIC/Getty Images)

Herzegovina di Estadi Nacional pada Sabtu (28/3) di ajang kualifikasi Piala Eropa 2016. Pertemuan kedua negara itu adalah yang pertama kali di level senior.

Menghadapi tim terlemah di Grup B, Bosnia bertekat untuk meraih kemenangan pertama di kualifikasi ini. Kemenangan akan membuat peluang tim arahan Mehmed Bazdarevic itu untuk lolos ke Prancis 2016 akan terbuka.

Namun di pertandingan ini, kedua tim dikabarkan akan menurunkan banyak pemain debutan atau yang jarang bergabung dengan tim utama. Hugo do Paco, Eric Rodriguez, Alex Roca, Sebastia Bertran, DAN Diego Marinho kemungkinan besar akan memperkuat Andorra, sedangkan Bosnia akan menrunkan Ratko Dujkovic, Edin Cocalic, Milan Djuric, dan Riad Bajic.

Kemenangan akan akan menjadi harga mati bagi Bosnia meskipun harus dilakukan di kandang lawan. Pasalnya Andora tidak pernah meraih satu poin pun di semua ajang kualifikasi dalam 40 pertandingan terakhir. Terakhir kali kemenangan berhasil diraih Andora pada Oktober 2004 di kualifikasi Piala Dunia 2006 atas Masedonia.

Pertandingan ini juga akan menjadi pembuktian awal bagi Bazdarevic bahwa dirinya layak untuk menggantikan Safet Susic yang dipecat karena gagal meraih kemenangan di empat pertandingan awal kualifikasi Piala Eropa 2016 ini.

Ini adalah pekerjaan yang sangat berat bagi Bazdarevic mengingat Susic adalah pelatih Bosnia pertama yang berhasil membawa negara pecahan Yugoslavia itu lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia di Brasil tahun lalu.

Bosnia kini masih berada di posisi kelima dari enam tim yang ada di Grup B. Mereka baru berhasil meraih dua poin dalam empat pertandingan awal setelah menahan imbang Belgia (1-1) dan Wales (0-0). Sedangkan di laga lainnya, Edin Dzeko cs. secara mengejutkan dikalahkan Israel (0-3) dan Siprus (1-2).