Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Jerman dalam Tekanan: Kami Tidak Panik!

By Beri Bagja - Jumat, 27 Maret 2015 | 22:03 WIB
Joachim Loew, pelatih kepala timnas Jerman. (Matthias Hangst/Bongarts/Getty Images)

Buat tim sekelas Jerman, berada di peringkat kedua pada klasemen sementara Kualifikasi Euro 2016 Grup D sudah menelurkan kekecewaan besar. Der Panzer satu tingkat di bawah Polandia dengan selisih minus tiga angka. Koleksi tujuh poin milik Jerman juga setara dengan perolehan Skotlandia dan Irlandia.

Jatah ke putaran final Euro 2016 diperoleh dua tim teratas di klasemen akhir, sedangkan peringkat ketiga bisa lolos dengan melakoni babak play-off. Mengingat fase kualifikasi hampir memasuki setengah jalan, Jerman seperti diburu waktu guna segera mengatasi defisit dari Polandia dan menjauhi pesaing lain.

“Kami akan bertanggung jawab menghadapi situasi yang terjadi. Tim tidak panik. Kami mengetahui apa yang harus dilakukan di Georgia,” ujar asisten pelatih Jerman, Thomas Schneider, kepada Fussball24.

Sebagai kampiun Piala Dunia 2014, penampilan Jerman disebut masih jauh dari taraf memukau. Dalam empat partai kualifikasi, satu-satunya kemenangan meyakinkan Der Panzer diperoleh atas timnas debutan, Gibraltar (4-0). Satu kemenangan tipis muncul atas Skotlandia (2-1), serta dilengkapi hasil imbang dengan Irlandia (1-1) dan takluk dari Polandia (0-2).