Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Partai Uji Coba Ini Menjadi Debut Bagi 2 Pelatih

By Indra Citra Sena - Sabtu, 28 Maret 2015 | 00:15 WIB
Paulo Wanchope, pelatih anyar timnas Kosta Rika. (Getty Images)

Gelaran Copa America Cili 2015 segera bergulir pada Juni mendatang. Seluruh negara yang berpartisipasi di kejuaraan sepak bola terakbar di Amerika Selatan itu mulai mempersiapkan diri. Paraguay termasuk di dalamnya.

Kesebelasan berjulukan La Albiroja alias Si Putih-Merah tersebut telah mencanangkan tiga laga uji coba sebelum bertolak ke Cili. Pertandingan terdekat adalah menghadapi perempat finalis Piala Dunia 2014, Kosta Rika, Jumat (27/8). 

Partai ini sekaligus menjadi penanda era baru Paraguay di bawah kepelatihan Ramoz Diaz. Pelatih berkebangsaan Argentina itu ditunjuk menukangi Roque Santa Cruz dkk. menggantikan Victor Genes yang didepak akibat gagal meloloskan tim ke Piala Dunia 2014.

Penyerang Paraguay, Lucas Barrios, menyatakan bahwa para pemain bertekad memberikan kemenangan sebagai kado perkenalan untuk Diaz. Dia menilai hasil positif atas Kosta Rika dapat memberikan suntikan motivasi kepada tim guna menyambut laga-laga berikutnya.

“Paraguay siap menyerukan slogan perubahan dengan kehadiran pelatih baru. Kami harus berusaha membuat segala hal berjalan lancar di atas lapangan,” kata Barrios seperti dikutip dari La Nacion.

Tak cuma Paraguay, kubu lawan juga mengalami situasi serupa. Paulo Wanchope yang mendapatkan amanat melatih timnas dari Federasi Sepak bola Kosta Rika (Fedefutbol) sejak Februari silam juga bakal melakoni debut.

Wanchope diharapkan bisa meneruskan tren tak terkalahkan Kosta Rika dalam 12 pertandingan terkini plus mematangkan mental bertanding para pemain menjelang turnamen Piala Emas CONCACAF 2015 (7-26 Juli).