Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSM Makassar Ingin Tingkatkan Status

By Suryo Wahono - Kamis, 26 Maret 2015 | 22:33 WIB
Markus Horison, kiper utama PSM Makassar. (Arief Bagus.)

Tidak hanya bekerja keras untuk menaikkan status PSM Makassar di verifikasi BOPI, manajemen Juku Eja berpacu dengan waktu untuk melengkapi materi dan persiapan skuat. "Setelah 'berpindah' kategori dari C ke B, kami kini fokus mempersiapkan tim menghadapi LSI 2015," ujar Sumirlan, Direktur Teknik PSM.

Menurut Sumirlan, setelah bertemu dengan BOPI, manejemen sudah mendapat arahan untuk "mempercepat' peningkatan status ke kategori A. "Setelah menyetor dokumen wajib, kami tinggal melengkapinya dengan laporan tersisa seperti kegiatan sosial, pembinaan usia dini dan kontrak pelatih dan pemain yang tersisa," papar Sumirlan.

Saat ini, PSM lagi menunggu kejelasan status dua pemain asing anyarnya, Nemanja Vucicevic dan Nenad Begovic dari PT Liga Indonesia. "Kami sudah menyiapkan draft kontrak buat keduanya. Kalau sinyal positif dari PT LI turun, Begovic dan Vucicevic langsung kami kontrak," tutur eks kapten PSM ini.

Disisi lain, manajemen menindaklanjuti usulan Pelatih Alfred Riedl agar memberikan kebebasan penuh kepada Hans Peter Schaller (asisten) untuk menangani Syamsul Chaeruddin dkk. Riedl saat ini menjalani perawatan intensif di Austri terkait fungsi ginjalnya yang bermasalah. "Manejemen sudah mengagendakan tiga ujicoba sebelum ISL 2015 digelar. Ini sudah  sesuai permintaan Schaller," papar Sumirlan.

Tiga ujicoba itu semuanya berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin. Masing-masing melawan PSM U-21 (23/3), Gresik United (26/3) dan Martapura FC (31/3). "Tiga ujicoba sudah cukup untuk mematangkan pola 4-4-2 yang bakal jadi formasi utama PSM di ISL 2015," ungkap Schaller.

Menurut Schaller, setelah melakoni lima ujicoba dengan kemenangan, tim pelatih PSM Makassar memilih pola 4-4-2 untuk dipakai di laga ISL 2015. "Hasil evaluasi dalam latihan dan ujicoba, kami menilai pola ini cocok dengan materi pemain dan karakter Makassar," ujar Hans Peter Schaller

Formasi Inti PSM
(4-4-2)
Kiper; Markus Haris Maulana
Belakang: Hendra Wijaya, Boman Aime, Ardan Aras, Rasul Zainuddin
Tengah: Maldini Pali, Syamsul Chaeruddin, Nenad Begovic, Putra Dewa
Depan: Nemanja Vucicevic, Rahmat Syamsuddin