Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Inggris Gagal di Liga Champion Jika City Juara

By Verdi Hendrawan - Kamis, 19 Maret 2015 | 17:06 WIB
Manchester City juara, Premier League gagal di Liga Champion? (OLI SCARFF/GETTY IMAGES)

tim Premier League Inggris gagal mencapai babak perempat final Liga Champion. Di dalam dua musim tersebut juga ada sebuah kesamaan yang mungkin hanya kebetulan terjadi.

Pada musim 2014/15, tidak satu pun tim Premier League yang berhasil lolos ke babak perempat final. Chelsea, Manchester City, dan Arsenal yang lolos dari fase grup Liga Champion harus tersingkir lebih cepat di babak gugur pertama.

Chelsea dan Arsenal disingkirkan oleh dua wakil Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain dan AS Monaco, akibat kalah produktivitas gol tandang. Keduanya pun gugur dengan aggretage 3-3. Sedangkan Manchester City sekali lagi harus mengakui keunggulan Barcelona dengan aggregate 1-3.

Hal ini pernah terjadi di musim 2012/13, di mana Premier League yang hanya diwakili oleh Manchester United dan Arsenal harus mengakui keunggulan Real Madrid dan Bayern Muenchen di babak 16 besar.

Jika melihat ke musim sebelumnya dari dua musim yang menyedihkan bagi sepak bola Inggris itu, ternyata ada kesamaan di mana Manchester City berhasil menjadi jawara Premier League. Entah hanya sebuah kebetulan atau kutukan, namun hal ini tentu menjadi cambuk bagi Football Association (FA) sebagai penyelengara kompetisi sepak bola yang disebut-sebut sebagai yang terbaik dan kompetitif di Eropa.