Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Swiss Andalkan Generasi Emas

By Beri Bagja - Kamis, 26 Maret 2015 | 21:52 WIB
Xherdan Shaqiri (tengah) saat melawan Argentina di Piala Dunia 2014. (Jamie Squire/ Getty Images)

0 atas San Marino dan Lituania. Xherdan Shaqiri menjadi bintang dengan catatan tiga gol dan satu assist dari sepasang laga tersebut.

Pemain berjulukan Lionel Messi dari Pegunungan Alpen itu menilai Swiss sudah kembali ke jalur ideal sebagai salah satu tim yang layak diperhitungkan di peta sepak bola Eropa.

“Model kami adalah timnas Belgia. Kami juga punya generasi fenomenal yang dapat bersaing dengan timnas lain yang lebih kuat secara historis,” ujar pemuda berusia 23 tahun itu di situs Forzaitalianfootball.

Shaqiri benar. Selain punya dia, Swiss juga diperkuat sederet nama kondang yang menjadi tulang punggung di klub besar. Sebut saja Stephan Lichtsteiner (Juventus), Gokhan Inler (Napoli), Josip Drmic (Leverkusen), Blerim Dzemaili (Galatasaray), hingga pemain bertalenta menjanjikan seperti Haris Seferovic (Frankfurt), Granit Xhaka-Yann Sommer (Gladbach), atau Ricardo Rodriguez (Wolfsburg).

Dengan modal generasi emas itu, kumpulan bintang Swiss seharusnya tak kesulitan meraih kemenangan ketiga secara beruntun atas Estonia pada Jumat (27/3).