Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Casillas Bangga Bisa Menyamai Buffon

By Aning Jati - Kamis, 26 Maret 2015 | 19:04 WIB
Iker Casillas (tengah) (AFP)

Selama kariernya, Iker Casillas sudah memenangi hampir semua trofi bergengsi. Tiga gelar Liga Champion, lima La Liga, dua Copa del Rey ber­sama Real Madrid, plus dua Piala Eropa (2008, 20012) dan Piala Dunia 2010 bersama timnas Spanyol pernah dirasakannya. Namun ia tak pernah merasakan trofi Ballon d’Or.

Kiper berusia yang akan berusia 34 tahun pada 20 Mei men­datang itu juga telah mem­bela timnas senior sejak usia sangat muda, 19 tahun, sama dengan salah satu idola­nya, Gian­luigi Buffon. Buffon sudah masuk tim Italia senior sejak berusia 19 tahun dan masih dipercaya di usianya yang saat ini sudah 37 tahun. Namun dibanding Buf­fon yang 146 kali membela timnas, kiprah Casillas lebih banyak, 160 kali.

“Fakta bahwa Gigi Buffon sudah mengawali kariernya di usia sangat muda telah meng­in­s­pirasi saya. Seorang kiper muda Parma diminta bermain untuk timnas Italia karena pelatih sangat memercayainya dan mem­­beri motivasi bahwa kita pun bisa berbuat sama,” ujar Casillas.

Karier kami hampir sama karena saya pun memulai karier di usia sangat muda dan ma­sih ber­main hingga seka­rang.  Kapan­pun ada kesem­pat­­an, kami selalu mengobrol. Persa­habatan ini sudah tercipta selama beberapa tahun,” ung­kap Casillas lagi.