Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Final Copa del Rey Siap Mentas di Andalusia

By Tulus Muliawan - Kamis, 12 Maret 2015 | 10:45 WIB
Olmpico de La Cartuja, kandidat kuat arena final Copa del Rey. (Sevilla.org)

Keputusan akhir arena final Copa del Rey akan ditentukan pada 25 Maret. Sejumlah arena sudah disiapkan untuk menjadi tuan rumah partai puncak yang mempertemukan barcelona dengan Athletic Bilbao.

Salah satu arena yang masuk kandidat tuan rumah partai final adalah Stadion Olímpico de La Cartuja yang berada di Sevilla. Meski belum ada pernyataan resmi dari Federasi Sepak Bola Andalusia, sejumlah kabar menyebut Sevilla memang punya niat untuk menjadi tuan rumah.

Selain untuk mempromosikan stadion berkapasitas 60.000 penonton ini, otoritas di Sevilla ingin memanfaatkan momentum final ini untuk menyedot animo penonton yang berimbas pada kepentingan bisnis dan pariwisata.

Stadion ini pernah menggelar final Copa del Rey pada 1999 antara Valencia kontra Atletico Madrid. Dua tahun kemudian, stadion ini kembali menjadi tuan rumah laga Celta Vigo menghadapi Real Zaragoza.

Di wilayah yang sama, sebetulnya ada dua stadion besar lainnya, yaitu Benito Villamarín (kandang Real Betis) dan Ramon Sanchez Pijzuan (kandang Sevilla). Namun keduanya tidak sebesar Olímpico de La Cartuja.

Sejauh ini, ada sejumlah stadion masuk kandidat tuan rumah final Copa del Rey 2014/15. Mereka adalah Santiago Bernabeu, Vicente Calderon, Mestalla, dan La Cartuja yang terletak di Andalusia.

Kubu Barcelona memilih Mestalla sebagai arena final Copa del Rey. Namun, pihak Bilbao lebih tertarik untuk bermain di Sevilla. Untuk menyatukan perbedaan pendapat ini, RFEF akan mengambil keputusan pada 25 Maret.