Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIGC Berniat Kurangi Peserta Serie A

By Tulus Muliawan - Kamis, 12 Maret 2015 | 10:15 WIB
Carlo Tavecchio, Presiden FIGC. (Gabriele Maltinti/Getty Images)

Rencana mengejutkan disampaikan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) terkait persaingan di Serie A musim 2015/16. FIGC berniat mengurangi jummlah peserta Serie A menjadi 18 tim.

Upaya ini dilakukan sebagai bagian untuk memajukan tim nasional Italia. Selama ini, pelatih timnas, Antonio Conte, kerap kesulitan mendapat waktu untuk menggelar pelatnas karena kompetisi Serie A yang padat.

Beberapa bulan terakhir, sejumlah klub kerap menolak melepas pemainnya ke timnas karena lebih mementingkan kepentingan klub. Atas dasar inilah FIGC ingin mengurangi jumlah peserta Serie A.

"Kami akan mulai memikirkan reformasi format liga. Jika kami tidak mengurangi peserta menjadi 18, peluang untuk mengumpulkan pemain ke timnas akan semakin sulit," ujar Presiden FIGC Carlo Tavecchio.

Sebagai alternatif dari izin klub yang tak kunjung muncul, Tavecchio sempat menyarankan agar Conte hanya menyertakan para pemain dari Serie B dalam pemusatan latihan yang tadinya digelar 9-11 Februari.

Namun, Conte menolak saran itu karena dinilai tidak akan membuat sesi latihan menjadi maksimal. Terlebih lagi, terlalu banyak pemain inti yang absen jika latihan teteap dijalankan.

“Di depan saya para pelatih bilang ‘kita harus melakukan sesuatu untuk memajukan sepak bola Italia yang sedang terpuruk’, tapi faktanya saya hanya sendirian. Kapan kita menunjukkan rasa cinta untuk tim nasional?” kata Conte.