Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Totti Kembali Sprint

By Caesar Sardi - Selasa, 10 Maret 2015 | 14:57 WIB
Francesco Totti. (New Press/Getty Images)

Gangguan di bagian punggung tidak menghambat Francesco Totti melakukan sprint atau lari cepat. Sprint yang dimaksud tidak hanya dilakukan kapten Roma dalam 73 menit penampilan melawan tuan rumah Palermo, Minggu (6/5).

Ikon Il Lupo itu juga melakukan sprint dalam perburuan gelar il capocannoniere atau pencetak gol terbanyak. Ahad lalu, Totti mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 atas Palermo, sementara para pesaingnya gagal menambah jumlah gol.

Gol Totti sensasional. Tembakan bebasnya dari jarak 30 meter dari gawang dapat disebut sulit menjadi gol. Tapi, penyerang berusia 30 tahun itu mampu membuat bola berbelok melewati pagar betis Palermo dan masuk di tiang jauh.

Totti sudah mencetak 22 gol. Ia unggul empat gol atas pesaing terdekat, yakni bomber Livorno, Cristiano Lucarelli. Di bawah kapten Livorno itu ada Rolando Bianchi (Reggina), Luca Toni (Fiorentina), dan Gionatha Spinesi (Catania).

Sejak bermain di Serie A pada stagione 1992/93, Totti belum pernah menjadi il capocannoniere. Sebelum musim ini, pencapaian terbaiknya dalam mencetak gol di satu musim adalah 20 gol, yakni pada Serie A 2003/04.

(Penulis: Riemantono)