Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Utah Jazz Perpanjang Nafas di Final Wilayah

By Caesar Sardi - Jumat, 20 Maret 2015 | 15:17 WIB
Carlos Boozer membuka peluang Jazz dan mempertahankan rekor menang. (Ronald Martinez/Getty Images)

83 dipetik di Energy Solutions Arena, Minggu (27/5) pagi.

Kemenangan itu sekaligus memperpanjang napas Jazz, yang sudah tertinggal 0-2. ”Kemenangan membuat napas kami lega kembali,” ungkap Carlos Boozer, power forward Jazz, kepada AP. ”Sekarang kami lebih percaya diri menghadapi pertandingan berikutnya,” lanjutnya. Gim keempat dimainkan Selasa pagi yang disiarkan langsung ESPN.

Deron Williams, playmaker Utah, menjadi kunci kemenangan. Williams mencetak 31 angka, 8 assist, dan 5 steal. “Ia benar-benar istimewa. Williams tampil agresif dan membuat kami kacau balau,” ungkap guard Spurs, Tony Parker, kepada Salt Lake Tribune.

Salah satu gerakan mengagumkan Williams adalah ankle breaker yang membuat defender hebat Spurs, Bruce Bowen, terjatuh karena terkecoh di kuarter keempat. Williams juga jeli melihat posisi Boozer, Jarron Collins, Derek Fisher, maupun Paul Millsap.

“Saya selalu mencari Boozer. Ia adalah eksekutor mematikan di paint area,” ungkap Williams. Biarpun diperkuat pemain sekelas Tim Duncan, Jazz mampu unggul 56-42 di key hole.

Tetap Fokus

Kekalahan telak di atas 20 poin memang membuat pelatih San Antonio Spurs, Greg Popovich, gusar. “Mereka tampil lugas dan keras. Itu mengejutkan kami,” ungkap Popovich. Teror lain yang muncul adalah teriakan para penonton yang memekakkan telinga.

”Kami coba akan memperbaiki performa di gim keempat nanti,” ungkap Popovich. ”Tough defense adalah pilihan tepat. Williams juga akan mendapat pengawalan khusus,” tegasnya.

Apakah strategi “hantaman hoki es” yang diperagakan Robert Horry saat menghadapi Phoenix Suns akan muncul lagi? Strategi tak sportif Horry, yang menghantam Steve Nash, berbuntut skorsing NBA pada Amare Stoudemira dan Boris Diaw saat itu.

Jika Spurs mencoba lagi strategi itu, rasanya skorsing justru akan mengancam Spurs. Akibat kejadian itu, Spurs dan NBA mendapat kritik pedas manajemen Suns maupun NBA karena dianggap tak adil memberi sanksi.

”Kami tetap akan main cepat, mengontrol pertandingan, dan main keras. Kami tak membiarkan mereka mengontrol pertandingan,” janji Jerry Sloan, pelatih Utah Jazz. Artinya Jazz tetap menggigit Spurs sepanjang pertandingan.

(Penulis: Eko Widodo)