Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FA Siapkan Sanksi Keras untuk Pengerubung Wasit

By Suryo Wahono - Kamis, 19 Maret 2015 | 02:38 WIB
Para pemain Chelsea mengerubungi wasit saat menjamu PSG di kandang. (Getty Images/Ilustrasi)

Germain beberapa waktu lalu.

Menurut laporan BBC, jumlah konfrontasi adu mulut yang melibatkan pemain dengan ofisial pertandingan meningkat hampir tiga kali lipat sejak musim lalu. Ketika itu, hanya enam klub yang dianggap tidak mampu mengendalikan pemain, sementara tahun ini ada 16 insiden.

Jumlah peringatan yang dikeluarkan naik menjadi 29, sedangkan tahun ini ada 14. FA bahkan sampai menyurati klub dari lima divisi kompetisi di Inggris bulan Desember lalu untuk mengingatkan mereka mengenai hal ini. Ketua FA Greg Dyke telah menganggap frekuensi insiden macam itu 'menakutkan'.

"Kami telah melihat peningkatan yang cukup menakutkan musim ini di sejumlah klub yang pemainnya mengerubungi wasit. Saya percaya bahwa sangat penting bagi klub profesional memberi contoh, sehingga jenis perilaku macam itu tidak ditiru di level akar rumput dan junior."

FA dilaporkan membuka diri terhadap gagasan untuk meningkatkan denda bagi klub yang pemainnya dinyatakan bersalah akibat melecehkan ofisial pertandingan.

Menurut aturan FA, tindakan macam itu dianggap sebagai 'pelanggaran jika tiga atau lebih pemain dari satu klub mendekati seorang ofisial dengan cara konfrontatif'.

Chelsea, Queens Park Rangers, dan West Ham United musim ini pernah didenda karena kejadian serupa di laga Premier League.