Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Bhutan Dijanjikan Bonus Besar

By Aning Jati - Senin, 16 Maret 2015 | 20:45 WIB
Chokey Nima dan penggawa timnas Bhutan dijanjikan bonus 300 ribu dolar AS per pemain. (AFP/Getty Images)

0 yang diraih Bhutan atas Sri Lanka di Stadion Sugathadasa, Kolombo (12/3), membuat Asosiasi Sepak Bola Bhutan (Bhutan FA) dan juga segenap pencinta sepak bola di negara kecil berbentuk kerajaan itu gembira luar biasa.

Kemenangan itu jadi yang keempat, yang diraih sejak 15 tahun terakhir, dan jadi kemenangan pertama di kandang lawan sejak 2000.

Antuasisme terhadap olah raga sepak bola di negara dengan peringkat FIFA paling buncit, ke-209 dari 209, mulai menggeliat. Laga leg kedua di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Sri Lanka disambut dengan optimisme tinggi. Apalagi, pertandingan leg kedua digelar di markas sendiri, di Stadion Changlimithang yang terletak di ibu kota Bhutan, Thimphu. Laga ini digelar pada Selasa (17/3).

Laporan Reuters mengungkapkan selama ini Bhutan FA lebih sering menggunakan dana bantuan FIFA untuk mendanai program pembinaan usia muda daripada membiayai timnas bermain di luar negeri. Itulah mengapa mungkin hingga saat ini timnas senior Bhutan belum bisa bicara banyak di pentas sepak bola internasional.

Namun, kemenangan 1-0 atas Sri Lanka di leg pertama lalu direspons positif. Sebagai buktinya, Bhutan FA dikabarkan bakal memberikan bonus sebesar 300 ribu dolar AS (sekitar Rp3,9 miliar) kepada pemain yang terlibat dalam pertandingan di fase awal kualifikasi Piala Dunia 2018.

Jumlah itu bisa bertambah bila tim timnas yang dilatih Chokey Nima itu bisa menahan atau bahkan menang lagi dari Sri Lanka sekaligus melaju ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018.