Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Surabaya Fever Masih Punya Rekor Sempurna

By Eko Widodo - Minggu, 8 Maret 2015 | 21:52 WIB
Gabriel Sophia (kiri) momok menakutkan semua lawan. (NBL Indonesia)

Surabaya Fever semakin tak terbendung. Tim polesan Wellyanto Pribadi itu kembali mencatatkan clean sheet atau sapu bersih dalam satu seri. Menyusul kemenangan atas Sahabat Wisma Sehati Semarang, 74-62, pada pertandingan terakhir IndiHome Women's National Basketball League (WNBL) Indonesia 2014-2015 Seri IV Semarang, di GOR Sahabat, Minggu (8/3).

Hasil sempurna ini memperpanjang catatan kemenangan beruntun Fever pada regular season ini menjadi 10 kali (10-0). Fever semakin nyaman di puncak klasemen dengan koleksi 20 poin.

Sebelum mengalahkan Sahabat, Fever terlebih dahulu menang atas Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta, 59-55, di pertandingan pertamanya. Dengan demikian, Fever menjadi satu-satunya tim yang telah mengantongi keunggulan head-to-head (2-0) terhadap semua tim.

Persaingan panas sudah dimulai sejak tip-off. Namun, Sahabat mampu unggul di kuarter pertama. Di sisa 3 detik, Yuni Anggraeni mencetak 2-point jump shot yang membuat Sahabat unggul 2 poin (21-19). Keunggulan Sahabat bertahan hingga akhir kuarter pertama. Nathasa Debby Christalie dan Yuni Anggraeni menjadi tulang punggung Sahabat dengan mencetak masing-masing 8 poin.

Keadaan berbalik saat memasuki kuarter kedua. Fever mendapatkan momentum kebangkitannya saat Marlina Herawan membuat timnya berbalik unggul 28-27 lewat 3-point jump shot.
Setelah itu, Fever memimpin jalannya pertandingan. Bertepatan dengan buzzer, Chaeranny Rizka Utami memperkecil kedudukan menjadi 31-44 lewat 2-point jump shot. Gabriel Sophia menyumbang 9 poin untuk membawa Fever unggul di kuarter kedua.

Memasuki kuarter ketiga, kedua tim berimbang dalam permainan. Jumlah poin yang sama dicetak Fever dan Sahabat dengan masing-masing 11 poin. Sahabat semakin sulit mengejar defisit skor karena Sinta Ayu Ramadhani terkena foul out. Skor 55-42 untuk keunggulan Fever menutup kuarter ketiga.

Fever semakin di atas angin saat memasuki kuarter keempat. Di sisa 42 detik, Gabriel Sophia memastikan Fever tak terkejar lagi oleh Sahabat dengan margin 12 poin (74-62) lewat 2-point jump shot. Saat buzzer berbunyi, Sahabat harus mengaku kalah di kandang sendiri.

Gabriel Sophia menjadi bintang di laga ini dengan mencatatkan 27 poin ditambah 9 rebound. Disusul, Marlina Herawan yang mengemas 18 poin, serta Yuliana Anggita Bening (10 poin).

”Saya tak mau anak-anak berbesar hati. Jalan untuk juara masih jauh. Masih ada Championship Series. Apalagi kalau sudah masuk fase itu (Championship Series), atmosfernya pasti beda. Lawan lebih bersemangat lagi,” ungkap Wellyanto Pribadi, head coach Surabaya Fever.