Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lewis Hamilton Menangi Seri Pembuka GP Australia

By Tulus Muliawan - Minggu, 15 Maret 2015 | 14:30 WIB
Lewis Hamilton, menangi GP Australia. (Dan Istitene/Getty Images)

Juara dunia bertahan, Lewis Hamilton, berhasil mengawali musim 2015 dengan hasil sempurna. Pebalap Mercedes asal Inggris itu sukses memenangi seri pembuka GP Australia, Minggu (15/3).

Hamilton naik podium tertinggi usai melewati persaingan ketat dengan rekan setimnya, Nico Rosberg. Rosberg harus puas finis di posisi kedua, sedangkan tempat ketiga diduduki Sebastian Vettel dari Ferrari.

Seri pembuka ini hanya diikuti oleh 15 pebalap. Pasalnya, Kevin Magnussen dari McLaren dan Daniil Kvyat dari Red Bull gagal bertarung karena mobilnya bermasalah menjelang balapan dimulai.

Hal serupa juga dialami Valtteri Bottas. Pebalap Williams itu juga batal bertanding karena punggungnya mengalami cedera akibat benturan di sesi kualifikasi. Sementara itu, tim manor juga belum siap balapan.

Selain hanya diikuti 15 pebalap, balapan di Sirkuit Albert Park ini tidak berjalan mulus. Satu demi satu, para pebalap mundur karena mengalami masalah pribadi. Setidaknya, ada lima pebalap yang gugur di lap pertama dan satu gugur di lap kedua.

Kondisi ini membuat balapan berjalan kurang seru. Hanya ada lima pebalap yang berhasil mengakhiri balapan setelah melewati 58 lap.

"Saya sangat senang karena tim saya mampu menunjukkan pekerjaan yang luar biasa. Kami bekerja sama dengan kompak dan mengakhiri balapan dengan indah," tutur Hamilton di atas podium.

Hasil Lengkap

Pos Pebalap/Tim
1   Lewis Hamilton/Mercedes
2   Nico Rosberg/
3   Sebastian Vettel/Ferrari
4   Felipe Massa/Williams
5   Felipe Nasr	Sauber/Ferrari
6   Daniel Ricciardo/Red Bull	1 Lap
7   Nico Hulkenberg/Force India	1 Lap
8   Marcus Ericsson/Ferrari	1 Lap
9   Carlos Sainz Jr/Toro Rosso	1 Lap
10  Sergio Perez/Force India	1 Lap
11  Jenson Button/McLaren       2 Laps

Gagal Finis
Kimi Raikkonen/Ferrari	
Max Verstappen/Toro Rosso/Renault
Valtteri Bottas/Williams/Mercedes
Romain Grosjean/Lotus/Mercedes
Pastor Maldonado/Lotus/Mercedes
Will Stevens/Marussia/Ferrari
Roberto Merhi/Marussia/Ferrari

Tidak Balapan
Daniil Kvyat/Red Bull/Renault
Kevin Magnussen/McLaren/Honda
Klasemen Pebalap Pos Pebalap Poin 1 Lewis Hamilton 25 2 Nico Rosberg 18 3 Sebastian Vettel 15 4 Felipe Massa 12 5 Felipe Nasr 10 6 Daniel Ricciardo 8 7 Nico Hulkenberg 6 8 Marcus Ericsson 4 9 Carlos Sainz Jr. 2 10 Sergio Perez 1 11 Jenson Button 0 Klasemen Konstruktor Pos Konstrukto Poin 1 Mercedes 43 2 Ferrari 15 3 Sauber 14 4 Williams 12 5 Red Bull 8 6 Force India 7 7 Toro Rosso 2 8 McLaren 0