Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Atletico Mesti Lebih Sering Memegang Bola

By Minggu, 8 Maret 2015 | 17:58 WIB
Atletico, belakangan kesulitan mendominasi laga. (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Jika ingin kembali meraup poin sempurna, Atletico Madrid harus lebih prima dalam hal penguasaan bola saat menjamu Valencia, Minggu (8/3)

Sepintas hal ini terasa aneh karen pelatih Atletico, Diego Simeone, bukanlah sosok yang mengagungkan penguasaan bola.

“Saya tak suka penguasaan bola sebab taktik itu membantu lawan untuk bersiap. Jika penguasaan bola bertujuan menyakiti lawan, saya baru suka. Ini seperti film aksi dan drama percintaan. Saya lebih suka film aksi,” tutur Simeone di Marca beberapa waktu lalu.

Namun, beralihnya titik referensi tim dari Diego Costa ke Mario Mandzukic membuat Atletico mesti lebih sering memegang bola. Strategi serangan balik cepat cocok buat Costa karena ia bisa mengeksploitasi kekuatannya dalam bertarung dengan bek lawan.

Sedangkan Mandzukic adalah tipikal striker yang lebih suka berkeliaran di area 16 meter. Penggawa Atleti harus bersabar membangun serangan guna memberikan servis bola enak bagi striker Kroasia itu.

Sebelum libur Natal, Atletico mencatat rataan penguasaan bola sebesar 50,68 persen. Mereka menjalani 26 laga yang terbagi dengan 17 kemenangan, lima seri, dan empat kekalahan.

Dalam 26 partai itu, Atletico 17 kali unggul penguasaan bola dari lawan. Hanya, memasuki 2015 persentase penguasaan bola Los Colchoneros menurun menjadi hanya 41,64 persen.

Sejak tahun baru, Atleti telah menjalani 14 laga dan cuma empat kali memenangi penguasaan bola. Rapor mereka di 2015, tak begitu baik dengan tujuh kemenangan, dua seri, dan lima kekalahan.