Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Meski Melawan Arus, Neuer Tetap Mendapat Dukungan

By Martinus Bangun - Rabu, 3 Desember 2014 | 19:26 WIB
Manuel Neuer, menghadapi persaingan berat dengan Ronaldo dan Messi. (Getty Images)

nama tiga pemain calon peraih gelar FIFA Ballon d’Or 2014. Selain dua mega bintang dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, terselip pula nama Manuel Neuer.

Nama Neuer mungkin masih kalah kondang dibanding Ronaldo mau pun Messi. Selain itu, torehan rekor kiper Bayern Muenchen dan tim nasional Jerman tersebut sepertinya juga masih kalah mentereng dibanding Ronaldo dan Messi.

Apalagi, Ronaldo merupakan juara bertahan di ajang ini. Sementara itu, Messi telah meraih gelar ini sebanyak empat kali dalam kurun waktu empat tahun berurutan, yakni mulai tahun 2009 hingga 2012. Bagaimana dengan Neuer? Ini merupakan kesempatan perdananya masuk dalam tiga besar.

Namun ada satu nilai lebih Neuer yang tak dimiliki baik Ronaldo atau Messi, yakni gelar juara Piala Dunia 2014. Penampilan gemilang Neuer selama tampil di Brasil 2014 memang turut berperan dalam mengantarkan timnas Jerman ke tangga juara.

Hal serupa juga pernah dialami Gianluigi Buffon. Setelah berhasil membawa timnas Italia juara di Jerman 2006, nama Buffon masuk dalam tiga besar calon peraih FIFA Ballon d’Or meski pada akhirnya kiper Juventus tersebut kalah suara dibanding rekan setimnya di skuat Azzurri, Fabio Cannavaro. 

Selain Buffon, Oliver Kahn juga pernah dua kali menjadi nominasi pada tahun 2001 dan 2002. Namun kiper legendaries Jerman tersebut selalu gagal menjadi yang terbaik dalam dua kesempatan tersebut. Satu-satunya penjaga gawang yang pernah meraih gelar ini adalah kiper Legendaris Uni Soviet, Lev Yashin, pada tahun 1963.

Meski terkesan melawan arus, Neuer tetap mendapat dukungan dari beberapa rekannya, baik sesama kiper maupun rekan setim.

"Tahun ini, ada peluang besar untuk posisi kiper yang menjadi juara. Mudah-mudahan hal itu bisa terjadi. Semoga beruntung," ujar kiper Chelsea, Peter Cech seperti dilansir Bild.

"Cukup adil rasanya jika Manuel Neuer yang meraih gelar tersebut dan saya pribadi merasa cukup yakin," ujar gelandang Muenchen, Xabi Alonso.