Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bajul Ijo Terus Asah Taring, Uji Dua Pemain Asing

By Aning Jati - Minggu, 1 Maret 2015 | 20:28 WIB
Persebaya menang 4-0 dari Rheza Persebo. (Fahrizal Arnas/Bolanews)

0, Persebaya kembali meraih hasil maksimal di laga uji coba kedua selama masa penantian kick-off LSI 2015.

Menghadapi Rheza Persebo Bondowoso (klub Divisi Utama), tim besutan Ibnu Grahan meraih hasil identik.

Namun, hasil itu tak membuat pelatih Persebaya Ibnu Grahan puas. Pasalnya, bukan hasil yang Ibnu cari, tapi bahan untuk evaluasi dan penilaian terhadap dua legiun asing yang sedang menjalani seleksi, Kim Young Hoo (Korsel) dan Emile Mbamba (Kamerun).

"Seperti uji coba sebelumnya, kami ingin melihat permainan tim ini. Kami juga memberi kesempatan pada pemain yang jarang turun," tutur Ibnu.

Ibnu sengaja memberikan menit bermain lebih banyak kepada pemain yang jarang tampil agar kemampuan mereka tidak terlalu timpang dengan pemain starter. Tujuannya supaya Persebaya memiliki alternatif pilihan saat kompetisi nanti.

Soal penampilan dua legiun asing yang mengadu nasib, Kim dan Mbamba, Ibnu menyatakan kalau keduanya memiliki peran penting di pertandingan ini. Meski Mbamba berkontribusi lebih baik dengan menyumbangkan satu assist dan satu gol, Ibnu menganggap Kim tak kalah baik.

"Kim belum pernah main di Indonesia. Tapi, permainannya lumayan. Kalau Mbamba wajar karena dia sudah beberapa musim di sini," katanya.

Kim dam Mbamba akan dibawa serta ketika Persebaya menjalani uji coba di Jateng nanti. Mereka akan sama-sama diberi porsi 22 menit untuk menunjukkan kemampuannya. Dari situlah, Ibnu akan menentukan siapa di antara keduanya yang layak disodori kontrak. Bahkan bisa jadi keduanya karena hingga kini Eric Djemba Djemba belum lolos verifikasi PT Liga Indonesia lantaran ITC-nya belum beres.