Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Timnas Piala Asia Bugar untuk 20 Menit

By Caesar Sardi - Rabu, 11 Maret 2015 | 12:13 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

Kebugaran fisik para pemain pelatnas timnas Piala Asia 2007 tergolong bagus. Pada tes awal di Stadion Sempaja, Samarinda, Selasa, VO2max dan bip test Bambang Pamungkas cs. melebihi harapan Ivan Kolev.

Semula pelatih timnas ini berharap kondisi bip test para pemain berada pada level 11. Nyatanya rata-rata pemain melewati level 12. Empat pemain bahkan di atas 13 atau bila dikonversikan ke VO2max menjadi sekitar 60,4. Raihan tertinggi dicapai bek kiri PSMS, Mahyadi Panggabean, yakni 14,5 dalam bip test atau VO2max sekitar 62.

Tes terendah dicatat Ahmad Kurniawan, kiper Arema, yang hanya mencapai level 10 bip test atau VO2max 47, disusul Firmansyah (stoper Sriwijaya FC) di level 10,7 pada bip test.

“Ahmad baru bergabung dua hari lalu, sementara Firmansyah masih dalam program penurunan berat badan. Rata-rata yang bagus ini dikarenakan pemain habis mengikuti kompetisi yang ketat minggu lalu,” ujar Zaini Saragih, dokter timnas.

Menurut Syamsudin Umar, asisten pelatih, saat pelatnas Piala AFF, yang dipoles Peter Withe, pemain rata-rata hanya mampu mencapai level 10 pada bip test atau VO2max 47. Tapi, kala itu pemain tak dalam situasi dijepit liga dan baru saja berpuasa.

Yang pasti Syam bangga tiga pilar PSM, yakni Irsyad Aras (13,12 bip test), Ahmad Amiruddin (13,4), dan Syamsul Chaeruddin (13,6), mencapai level bagus.

“Saya senang. Mungkin kami bisa tingkatkan dalam beberapa pekan ke depan. Ini baru awal,” ujar Kolev, yang akan menggelar tes serupa menjelang pencoretan nanti.

Standar Asia

Hanya, menurut Paulus Pasurney, pelatih fisik tim atletik PON Kaltim, kondisi ini belum sesuai dengan harapan standar pemain level dunia atau baru mencapai Asia saja.

“Seharusnya mereka rata-rata mencapai level VO2max di atas 60. Kalau tak ditingkatkan, pemain nanti hanya bisa tampil konstan selama 20 menit,” ujar Paulus. Pemain sebenarnya tak terlalu peduli dengan tes itu.

“Kami masih belum mau menggenjot terlalu tinggi. Ini baru awal dan kondisi fisik kami baru saja selesai kompetisi jadi belum fit,” ujar Saktiawan Sinaga, striker asal PSMS.

“VO2max yang baik adalah bagian kecil dari sebuah kesuksesan. Masih banyak faktor lain, seperti taktik dan strategi. Tapi, kondisi fisik akan menjadi salah satu faktor penentu 23 pemain yang berlaga di Piala Asia 2007, Juli nanti,” ujarnya Kolev.

(Penulis: Ary Julianto)