Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Antonio Conte Samai Rekor Fabio Capello

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 11 Maret 2015 | 11:00 WIB
Antonio Conte, meraih pengharagaan Panchina d'Oro 2013/14. (Valerio Pennicino/Getty Images)

Lama tak terdengar, nama Antonio Conte kembali menjadi sorotan media. Conte menjadi buah bibir setelah dirinya terpilih menjadi pelatih terbaik Italia 2013/14 dalam penghargaan Panchina d'Oro, Senin (9/3) waktu setempat.

Conte terpilih menjadi pelatih terbaik 2013/14 setelah mengalahkan dua kadidat lain, yaitu Vincenzo Montella (Fiorentina) dan Rudi Garcia (Roma). Atas keberhasilan ini, Conte berhak membawa pulang gelar Golden Bench.

Dengan gelar Golden Bench 2013/14 ini, Conte sukses menyamai pencapaian Fabio Capello dengan torahan tiga gelar. Conte sukses melewati pencapaian para pendahulunya seperti Carlo Ancelotti dan Marcello Lippi dengan dua gelar.

"Saya merasa layak menerima penghargaan ini karena prestasi mengesankan yang saya catat bersama Juventus musim lalu. Kami berhasil meraih 102 poin dari 38 pertandingan. Itu adalah hal yang luar bisa," kata pelatih 45 tahun itu.

Diantara sederet nama yang mampu memenangi gelar ini, hanya ada dua nama pelatih asing di dalamnya. Kedua pelatih non Italia itu adalah Raymond Goethals (Belgia) yang meraih gelar pada edisi 1990/91 dan Jose Mourinho (Portugal) pada edisi 2009/10.

Dari segi klub, Milan dan Juventus menjadi peraih gelar terbanyak, masing-masing meraih lima gelar. Posisi selanjutnya ditempati Inter dan Udinese (3 gelar), Fiorentina (2), Cagliari, Chievo, Lecce, dan Roma (1).