Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Danny Welbeck Singkirkan Man. United

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 10 Maret 2015 | 04:44 WIB
Danny Welbeck (Getty Images)

Danny Welbeck tampil sebagai penentu kemenangan Arsenal atas Manchester United di perempat final Piala FA, Selasa (10/3) dini hari WIB. Gol Welbeck pun memastikan mantan klubnya tersebut tersingkir.

Di pertandingan ini Louis van Gaal menurunkan kekuatan terbaiknya, sedangkan Arsene Wenger merotasi beberapa pemain utama. Pertandingan berlangsung dengan tempo sedang di awal pertandingan.

Arsenal lebih dulu memecahkan kebuntuan pada menit ke-25. Berawal dari pergerakan Alex Oxlade-Chamberlain dengan melewati beberapa pemain Man. United dan melepaskan operan kepada Nacho Monreal yang berdiri bebas tanpa kawalan. Monreal pun langsung melepaskan tembakan dan berujung gol.

Setelah tertinggal 0-1 The Red Devils merespon dengan lebih agresif dalam menyerang. Hasilnya, pada menit ke-29 umpan silang matang dari Angel Di Maria sukses dimaksimalkan Wayne Rooney dengan tandukannya. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga jeda.

Di awal babak kedua Man. United sedikit lebih dominan dari Arsenal. Pada menit ke-61 kesalahan Antonio Valencia dalam memberikan operan ke arah David De Gea berujung fatal.

Bola operan yang terlalu pelan langsung dicuri Welbeck dan dengan kemampuannya berhasil melewati De Gea. Welbeck pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang Man. United.

Usai kembali tertinggal 1-2 pasukan Louis van Gaal kembali memperlihatkan agresivitas dalam menyerang. Namun, pada menit ke-74 United mengalami kerugian karena ketidaktenangan Angel Di Maria membuatnya harus meninggalkan lapangan.

Wasit memberinya kartu kuning karena dianggap sengaja menjatuhkan diri di dalam kotak penalti. Tidak terima dengan keputusan tersebut, Di Maria melakukan protes bahkan hingga menarik baju wasit yang berujung diberikannya kartu kuning kedua.

Bermain dengan 10 pemain membuat Man. United semakin kesulitan. Hingga pertandingan usai skor 2-1 untuk kemenangan pasukan Arsene Wenger tidak berubah dan berhak lolos ke semifinal Piala FA.

Susunan pemain:
Manchester United: 1-David De Gea; 3-Luke Shaw (4-Phil Jones 46), 5-Marcos Rojo (11-Adnan Januzaj 73)), 12-Chris Smalling, 25-Antonio Valencia; 7-Angel Di Maria, 17-Daley Blind, 18-Ashley Young, 21-Ander Herrera (16-Michael Carrick 46), 31-Marouane Fellaini; 10-Wayne Rooney.

Arsenal: 1-Wojciech Szczesny; 4-Per Mertesacker, 6-Laurent Koscielny, 18-Nacho Monreal, 39-Hector Bellerin (21-Calum Chambers 66); 11-Mesut Oezil, 15-Alex Oxlade-Chamberlain (16-Aaron Ramsey 51), 17-Alexis Sánchez, 19-Santi Cazorla, 34-Francis Coquelin; 23-Danny Welbeck (12-Olivier Giroud 74).