Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Southampton Cetak Pendapatan Terbesar dari Akademi

By Suryo Wahono - Selasa, 10 Maret 2015 | 06:03 WIB
Gareth Bale, salah satu produk akademi Southampton. (Getty Images/Ilustrasi)

akademi. Soal produksi pemain, ternyata Southampton memiliki akademi paling menguntungkan di antara klub-klub lain di lima liga besar Eropa.

Menurut penelitian Centre for Sports Studies (CIES), pusat studi yang bermarkas di Swiss, Southampton telah menghasilkan 90,2 juta euro dari transfer pemain, buah dari akademi junior mereka yang terkenal itu.  Beberapa pemain terkenal produk klub yang ditangani Ronald Koeman itu termasuk Adam Lallana, Theo Walcott, Luke Shaw, dan Gareth Bale.

Di posisi kedua ada klub Lille (76 juta), lalu Real Socieded (62,2) dan Sevilla (51,5), kemudian klub Bundesliga, Borussia Dortmund (43,5).

Klub-kklub berkantong tebal ternyata tidak termasuk lima besar penghasil pemain muda. Real Madrid ada di urutan keenam (43 juta), Barcelona ketujuh (38,3), sementara Bayern Muenchen malah di peringkat 12 (31,1). Sementara itu, klub Italia teratas yang mencetak pemain adalah Genoa, yang bertengger di peringkat ke-15 (24,5).

Menurut studi CIES, penghasilan yang telah diterima oleh Southampton hasil berjualan mencapai hampir 40 persen dari total pendapatan klub-klub yang ada di Premier League saat ini.

"Southampton adalah contoh luar biasa tentang bagaimana pelatihan pemain muda dapat menjadi kunci keunggulan kompetitif," kata CIES seperti dikutip Reuters.

Akan tetapi, di level liga lokal, Ligue 1 menghasilkan jauh lebih banyak pendapatan transfer untuk pemain akademi (292 juta euro), sementara klub-klub Serie A berada di peringkat terbawah.

Akademi Sepak Bola Southampton atau dikenal sebagai Saints Academy punya sembilan skuat. (Southampton)