Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Turnamen Open 13:Giles Simon Menangi Derby Prancis

By Eko Widodo - Senin, 23 Februari 2015 | 15:22 WIB
Giles Simon, juara di Marseille, petenis kedua Prancis dengan gelar terbanyak. (AFP)

Petenis unggulan lima Prancis, Gilles Simon mendapatkan gelar ke-12 di tur ATP. Ia memenangi gelar itu usai menumbangkan saudara sesama Prancis, Gael Monfils, Senin (23/2) di final Open 13, dengan skor 6-4, 1-6, 7-6 (4).

Simon mencetak 11 ace dan melakukan lima break. Konsentrasi penuh Simon di set ketiga membuat menang 7-4 di tie break.

Di era terbuka, petenis Prancis yang memenangi gelar juara terbanyak adalah Yannick Noah dengan 23 gelar. Simon (30 tahun) di peringkat kedua dengan 12.

"Ini pekan yang sangat ketat dan melelahkan. Namun, juga pekan yang menyenangkan," kata Simon kepada ESPN. "Saya menghabiskan banyak energi menjinakkan Bona Coric di babak kedua lantas menjinakkan Sergiy Stakhovsky di semifinal."

Simon terakhir menjuarai event ini pada 2007. Ia sukses membuat Monfils banyak membuat kesalahan (sebanyak 54 unforced error) selama 2 jam 29 menit.

Bagi Monfils, ini adalah kegagalan ke-17 dari 22 partai finalnya. Gelar terakhir Monfils adalah setahun lalu di Montpellier.

"Saya kecewa. Pertandingan ini memang seru. Kami berdua tampil mati-matian," kata Monfils.

Bulan depan, Simon memimpin Prancis di Piala Davis melawan Jerman. Sedangkan Monfils, memilih menolak bermain membela Prancis dengan alasan skedul padat.