Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Apa Kabar Eks Penggawa AFF 2012? (1)

By Suryo Wahono - Sabtu, 22 November 2014 | 13:19 WIB
Wahyu Tri Nugroho (Gonang Susatyo)

Tinggal beberapa jam lagi Indonesia akan menjalani partai pertama di penyisihan Grup A Piala AFF 2014 melawan Vietnam, Sabtu (22/11).Skuat terbaik sudah disiapkan tim pelatih yang dipimpin Alfred Riedl untuk laga yang dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi, ini.

Bila dibandingkan dengan skuat AFF 2012 yang kala itu ditangani Nilmaizar, skuat yang dibawa Alfred ke Hanoi mengalami perubahan besar. Hanya tersisa tiga pemain dari skuat AFF 2012 di AFF edisi ini.

Ketiga pemain itu adalah Samsul Arif, Raphael Maitimo, dan Fachrudin Wahyudi Aryanto. Bisa dimaklumi karena kala Tim Merah-Putih berjuang di AFF 2012, kondisi federasi sepak bola Indonesia masih dilanda dualisme.

Dua tahun berlalu, Alfred yang kembali menangani Indonesia, tak lagi memanggil mayoritas penggawa yang membela Garuda di AFF dua tahun silam. Siapa saja eks pemain timnas itu dan bagaimana kabar terakhir mereka? Berikut rangkumannya:

Kiper
Endra Prasetya: Seiring berakhirnya dualisme federasi, kiper utama ini bergabung dengan PSBI Blitar di Divisi Utama 2014. Wahyu Tri Nugroho: Sejak dipanggil ke timnas hingga akhir LSI 2014, kiper yang doyan traveling itu setia membela Persiba Bantul. Musim depan Wahyu memutuskan off dari dunia sepak bola untuk melakukan hal lain.

Belakang
Nopendi: Pada LSI 2014 Nopendi tercatat bergabung di Persepam MU, tetapi nyaris tak pernah bermain karena mengalami cedera lutut. Musim depan Nopendi, asli Bantul, berencana kembali ke Persiba Bantul.

Wahyu Wijiastanto: Kapten timnas ini sempat memperkuat Semen Padang. Pada putaran kedua Tanto, sapaan karibnya, dicoret dan kembali ke Persiba Bantul, klub lamanya. Belum diketahui klub berikutnya bek asal Solo ini.

Handi Ramdan: Bek serbabisa ini terakhir memperkuat Persita mulai putaran kedua LSI 2014. Sebelumnya, ia bermain di Gresik United.

Valentino Telaubun: Putaran pertama LSI 2014 Valentino bermain di Persita dan hijrah ke Semen Padang di putaran kedua. Di akhir LSI 2014 ia termasuk salah satu yang dilepas Semen Padang.

Novan Setya Sasongko: Bek ini loyal dengan Semen Padang, klub yang dibelanya sejak masuk dalam skuat AFF 2012.

Arthur Irawan: Pemain ini masih terus berkiprah di Eropa hingga sekarang. Arthur berkelana ke Belgia Pro League memperkuat Waasland-Beveren.