Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Ampun, Tomsak Cukur Rajawali Bandung

By Eko Widodo - Sabtu, 28 Februari 2015 | 08:36 WIB
Wulan Ayuningrum, top scorer Tomang Sakti. (NBL Indonesia)

Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta memulai laga perdana mereka di IndiHome WNBL Indonesia 2014-2015 Seri III Solo dengan fantastis. Tim besutan Raoul Miguel Hadinoto ini menggilas Rajawali Bandung dengan keunggulan telak, 100-34, di Sritex Arena, Jumat (27/2).

Total 100 poin yang dicetak Wulan Ayuningrum dkk dalam laga ini,  adalah rekor poin terbanyak dalam satu laga sepanjang pergelaran WNBL Indonesia. Melampaui rekor poin tertinggi sebelumnya, 92 poin, yang juga mereka catatkan saat mengalahkan Merah Putih Predators Jakarta (92-74) pada seri ketiga musim kemarin (2013-2014).

Penampilan impresif ditunjukkan Wulan Ayuningrum pada laga ini. Small forward Tomsak itu sukses mencetak double-double. Bermain dengan minute play 24 menit 5 detik, pemain kelahiran Jakarta itu mengemas 22 poin ditambah 14 assist. Double-double kali ini merupakan yang pertama bagi Wulan di musim ini, namun menjadi capaian ketujuh sepanjang karirnya di WNBL Indonesia.

Selain Wulan, pemain yang juga bersinar di laga ini adalah Fanny Kalumata. Power forward asli Jakarta  ini menyumbang 14 poin dan 8 rebound. Disusul, Marina (13 poin, 9 rebound), Sarce Nenci Buaim (11 poin), dan Agustin Elya Gradita Retong (10 rebound, 4 poin).

Dominasi Tomsak sudah terlihat sejak kuater pertama. Mereka terus mencetak poin dan tak membiarkan permainan Rajawali berkembang. Rentetan poin terus bergulir hingga Tomsak unggul 13-0 lewat 2 free throw Wulan Ayuningrum. Kebuntuan Rajawali terpecahkan saat Ismi Desmalizar mencetak poin lewat free throw dan merubah skor menjadi 1-13.

Selanjutnya Tomsak menguasai jalannya pertandingan dan unggul 23-4 hingga kuarter pertama berakhir. Wulan Ayuningrum menjadi pencetak poin terbanyak untuk Tomsak dengan 9 poin.

Meneruskan pertandingan di kuarter kedua, Tomsak semakin membenamkan lawannya. Sebanyak 20 poin ditambahkan Tomsak di kuarter ini, dan hanya dibalas Rajawali dengan 8 poin saja. Lewat 2-point jump shot Dora Lovita di sisa 30 detik laga membuat Tomsak unggul 31 poin (43-12). Hingga kuarter kedua ditutup, Tomsak tetap unggul 43-12.

Selepas halftime, Rajawali mampu bangkit. Mereka bisa mengimbangi permainan Tomsak. Terbukti 14 poin dicetak pemain Rajawali. Namun, capaian itu tak membuat skor terkejar, sebab Tomsak bisa menambah 19 poin di kuarter ini. Skor 62-26 untuk keunggulan Tomsak menutup kuarter ketiga.

Di kuarter keempat Tomsak hanya tinggal mengamankan kemenangan. Tomsak menutup laga dengan manis. Lewat 2-point jump shot Yenny Zeng di sisa 7 detik, membuat Tomsak sukses menembus 100 poin.

”Saya gak  lihat skornya berapa. Yang terpenting adalah saya ingin anak-anak bermain konsisten. Baik saat defense dan offense,” ujar Ebos, sapaan head coach Tomsak.