Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Debutan Tampil Bagus, Dunga Tambah Bingung

By Suryo Wahono - Rabu, 19 November 2014 | 18:54 WIB
Pelatih timnas Brasil, Dunga, punya beragam opsi. (Getty Images)

-[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--> Semenjak mengambil alih posisi pelatih kepala tim nasional Brasil dari tangan Luiz Felipe Scolari usai perhelatan Piala Dunia 2014, Dunga kerap menampilkan pemain debutan.  

Para penggemar Brasil tentu masih ingat bagaimana pemain debutan bernama Diego Tardelli justru sukses mencetak dua gol kemenangan atas tim rival, Argentina, pada laga uji coba yang berlangsung di Beijing, 11 Oktober silam.

Setelah laga itu, Dunga rutin menyisipkan muka-muka baru di skuatnya, termasuk kala menang tipis 2-1 atas Austria, Rabu dini hari (19/11). Gol kemenangan Brasil di laga tersebut dicetak oleh Roberto Firmino.

Gelandang asal Hoffenheim tersebut merupakan nama anyar di skuat Brasil. Ia bahkan baru melakoni debut kala masuk sebagai pemain pengganti di laga sebelumnya kontra Turki , pekan silam.


Saat menjalani caps keduanya kontra Austria, Firmino juga mengawali laga dari bangku cadangan. Ia baru masuk setelah menggantikan Luiz Adriano pada menit ke-62.  Sekitar 20 menit berselang, tendangan jarak jauh Firmino menjadi penentu kemenangan Brasil.

Selain Firmino, beberapa nama anyar lainnya yang diboyong Dunga selama mengikuti tur uji coba ke Eropa (Turki dan Austria) adalah Luiz Adriano, Douglas Costa, dan Carlos Casimiro.

Usai laga kontra Austria, Dunga menyampaikan rasa puasnya terkait penampilan muka-muka baru tersebut. Bagi gelandang yang sukses mengantarkan Brasil juara Piala Dunia 1994 tersebut, kehadiran mereka membuat persaingan lebih kompetitif.

"Intensitas sesi latihan di timnas hampir setara dengan intensitas dalam laga yang sesungguhnya. Semua pemain bersaing keras untuk mendapatkan tempat. Saya justru menjadi bingung untuk menentukan siapa-siapa saja yang bakal tampil di laga berikutnya,”  ujar Dunga seperti dilansir situs Goal.