Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vietnam Dilatih Pelatih Berusia 20 Tahun

By Aning Jati - Selasa, 3 Maret 2015 | 20:48 WIB
Piala AFF Wanita 2015 digelar di Ho Chi Minh, Vietnam. (-)

Kinerja apik Toshiya Miura dalam menangani timnas Vietnam membuka pintu bagi koleganya untuk menyusul datang ke Vietnam. Media lokal Vietnam melaporkan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) siap melakukan kesepakatan dengan Norimatsu Aksi.

Aksi merupakan pelatih asal Jepang yang didatangkan VFF untuk melatih timnas wanita Vietnam yang akan tampil di Piala AFF Wanita 2015. Yang menarik, situs AFF mengungkapkan Aksi baru berusia 20 tahun. Aksi juga mencatatkan sejarah sebagai pelatih pertama dari Jepang yang melatih timnas wanita Vietnam.

Rekam jejaknya selama ini, Aksi sempat bermain di Liga Jerman sebelum kembali ke Jepang dan belum pernah punya pengalaman melatih tim wanita sebelumnya. Menurut VNExpress, seperti disampaikan ketua Badan Tim Nasional Vietnam, Mai Duc Chung, Aksi diketahui pernah melatih timnas U-13, U-16, dan U-19 timnas putra Jepang.

Pada Rabu (4/3) Aksi dijadwalkan meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan VFF. Seperti dikutip di Bongda, alasan VFF mendatangkan Aksi, salah satunya karena Jepang memiliki sistem pembinaan sepak bola wanita yang maju di dunia dan sudah terbukti dengan prestasinya sejauh ini. Timnas wanita Jepang merupakan juara Piala Dunia edisi terakhir, 2011.

Selain itu, keberadaan Aksi juga merupakan bagian dari nota kesepahaman (MoU) yang terjalin antara VFF dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA).

Usai menandatangani kontrak, Aksi akan langsung beraksi dengan memantau, mengumpulkan pemain serta menggelar pemusatan latihan karena Piala AFF Wanita 2015 tinggal sebentar lagi.

Piala AFF Wanita 2015 digelar di Ho Chi Minh, Vietnam, pada 1-10 Mei dan terbagi dalam dua grup. Grup A dihuni Thailand, Indonesia, Laos, dan Australia U-20 sedangkan Grup B diisi Vietnam, Myanmar, Malaysia, dan Filipina.